Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Fanny Soegi Rilis Single Baru Berjudul Dharma

SETELAH resmi memutuskan untuk solo karir, Fanny Soegi akhirnya merilis lagu terbarunya berjudul Dharma. Perilisan debut solonya tersebut se...


SETELAH resmi memutuskan untuk solo karir, Fanny Soegi akhirnya merilis lagu terbarunya berjudul Dharma. Perilisan debut solonya tersebut sebenarnya sudah terlihat setelah sempat membagikan bocoran lagu terbarunya itu melalui akun X pribadinya dan bersamaan dengan menjadi bagian dari record label dari Vindes, VtmnD.

Dalam teaser yang dibagikan oleh Fanny, terlihat tulisan Dharma di awal video yang benar saja menjadi judul dari single terbaru dari Fanny Soegi. Dharma sendiri dalam bahasa Sansekerta berarti menahan atau menopang, dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai kewajiban, aturan dan kebenaran.

Penggunaan bahasa tersebut tidak terlalu aneh bagi Fanny Soegi yang memang dikenal sebagai musisi yang suka menggunakan bahasa yang baku atau bahasa-bahasa yang berasal dari bahasa Sansekerta.

Dharma merupakan lagu yang berusaha untuk mengikat kembali hubungan tentang cinta, ruang dan fiksi hidup sebagai monumen akan kesedihan," kata Fanny Soegi dalam keterangan tertulisnya.

Diproduseri oleh Erwin Hadinata, Dharma ini pada dasarnya menjadi salah satu cara dirinya untuk melangitkan doa dan membumikan dharma. Dengan menggunakan rapalan Dharma, Fanny berusaha untuk mencoba menerima apa yang terjadi di masa lalunya dengan berusaha untuk tertawa, sesuai pada bagian liriknya yang beberapa kali menyebut kata ‘tertawa’.


Dalam lagu ini, setidaknya Fanny berusaha untuk ikhlas dengan apa yang terjadi dengan apa yang terjadi dengan masa lalunya. Beberapa kutipan lirik setidaknya menjadi bagian yang menjelaskan keikhlasan Fanny untuk menghadapi masa-masa di 2023-nya. Dan dalam prosesnya, Fanny turut terlibat untuk membuat komposisi lagu bersama dengan Dhimas Tirta Franata.