Cicilia Elsa Gambarkan Kisah Cinta Yang Rumit Di Lagu Color You


SETELAH melepas single berjudul Belum Usai pada April 2021 lalu, penyanyi dan penulis berbakat Cicilia Elsa kembali melepas karya terbaru berjudul Color You dirilis pada Senin (14/2/2022) bertepatan dengan momen perayaan Valentine's Day. Berbeda dengan dua single sebelumnya, yakni Tentangnya dan Belum Usai, dalam single ini Cicilia Elsa menghadirkan materi yang lebih mengedepankan unsur electro pop serta unsur pop RnB.

Masih mengusung tema tentang cinta, Color You terinspirasi dari kehidupan cinta Cicilia Elsa sendiri yang rumit dan tak bisa digambarkan hanya dengan satu kata. Selain itu, secara spesifik lewat lagu ini Cicilia Elsa ingin memberikan gambaran perasaan denial seseorang terhadap sebuah hubungan yang sebenarnya harus diakhiri. Namun kedua belah pihak masih saja berusaha untuk mempertahankan relationship that doesn't work.

Maunya apa sih partnerku ini, mau lanjut atau nggak? Tapi sebenernya sama-sama tahu kalau tidak bisa dilanjutkan," kata Cicilia melalui press release yang diterima acarakita.net, Senin (14/2/2022) siang.

Berbicara tentang komposisi musik, Color You sebenarnya masih menonjolkan kualitas suara memanjakan dari Cicilia Elsa yang dipadu dengan dentingan piano. Namun komponen electro music dibuat lebih menonjol karena sebenarnya jenis musik seperti ini selalu menjadi favorit Cicilia Elsa.

Color You sendiri sebenarnya sudah ditulis sejak 2019 lalu, sedangkan proses produksinya memakan waktu sekitar enam bulan karena harus melalui berbagai pertimbangan serta revisi. Ada cerita menarik juga ketika proses produksi single ini, di mana Cicilia Elsa merasakan ada presence yang menemaninya saat proses recording.

Tiga kali rekaman di tempat yang beda, tiga kali juga setiap aku take berasa ada yang nungguin. Karena aku sendiri agak peka kan, jadi kerasa gitu. Even ada yang nyanyi on the spot pas aku rekaman dan sempet masuk dulu suaranya." ujar dia.

Ada lagi yang terakhir, lanjut dia seperti sempat meliat ada orang di ruang operator tapi ternyata tidak ada sama sekali yang berdiri, bahkan sempat liat juga beberapa kali seperti ikut disitu, melintas lalu berhenti di dekat kaca.

Mengenai pesan yang ingin disampaikan oleh Cicilia Elsa lewat lagu ini, sebenarnya telah tergambar dengan begitu apik lewat Artwork single Color You. Artwork tersebut menampilkan seekor ayam yang mengenakan baju anjing dan dikendalikan oleh benang seperti sebuah puppet, kemudian ia digerakkan oleh sepasang tangan yang berdarah.

Ayam itu adalah Cicilia Elsa kan, sementara pakai kostum anjing menunjukkan sosok yang berusaha mengimpresi partner kita dengan tidak menjadi diri kita. Kenapa anjing? Karena anjing itu kan, selain lucu setia dan penyayang, tapi dia juga posesif, agresif dan obsesi sama majikannya," kata dia.


Orang yang jatuh cinta cenderung bisa ke arah positif seperti jadi showing affection more atau negatif seperti obsesi dan posesif. Kacamata warna warni melambangkan kalau orang jatuh cinta semua berasa bagus, warna-warni. Mau saja menjadi puppet diatur-atur, padahal tangannya sakit, because the master hold it too tight.

Ayam ini, menurut Cicilia menjadi tidak dapat membedakan mana yang baik dan buruk. Semua in colors, seperti mengenakan kacamata warna-warni. Hal yang salah pun bisa jadi benar ketika orang jatuh cinta.

Single Color You juga dihadirkan dalam format video lirik yang dapat disaksikan di Youtube Channel Cicilia Elsa. Lewat lagu yang sengaja dilepas di momen Valentine's Day ini, Cicilia Elsa ingin mengajak semua orang agar bisa menjadi diri sendiri ketika menjalani sebuah hubungan. Namun mesti diingat, apabila hubungan tersebut memang harus diakhiri, ya sudah akhiri saja, dan tak perlu memaksakan.
Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes