KABAR baik datang dari unit reggae tanah air, pasalnya platform reggaeindonesia.co.id kini kembali hadir setelah beberapa tahun lamanya menyatakan vacum dalam mengabarkan informasi terkait perkembangan reggae dan grass rootnya di tanah air. Dari informasi yang beredar, pada Jumat (12/02/2021) ini platform reggaeindonesia.co.id sudah dapat diakses khalayak ramai.

"Beberapa tahun yang lalu pernah dirilis kembali, tapi tidak jalan dan 2021 ini sepertinya momen yang tepat disaat banyak dari pegiat musik reggae merilis single maupun album," kata pimpinan redaksi reggaeindonesia.co.id, Lij Imam Nurrokhman belum lama ini.

Padahal, lanjut dia saat beberapa tahun lalu platform tersebut kembali dirilis disetujui oleh beberapa pihak yang berkepentingan dan akhirnya hadir. Namun, kata Lij Imam karena kesibukan yang memecah konsentrasi membuat platform tidak terurus dan kembali mengalami kevakuman.

Keseriusan dari pengerjaan platform ini, dijelaskan Lij Imam tidak main-main dengan dimulai adanya aplikasi di android hingga adanya toko online bernama RI-Store.my.id yang nantinya menjual berbagai merchandise resmi baik dari Reggae Indonesia itu sendiri maupun pegiat musik reggae di tanah air.

Pantauan acarakita.net, untuk saat ini toko online yang bernama RI-Store.my.id masih menjual beberapa keping compact disc (CD) original dari band ska dan reggae Indonesia. Sedangkan untuk aplikasi yang dapat diperoleh melalui link ini, baru tersedia untuk jenis andoid dan belum tersedia untuk iphone.

Dari informasi yang diterima, usai merilis platform digital reggaeindonesia.co.id juga dari Reggae Indonesia akan merilis kompilasi pertama melalui digital platform streaming yang ada. Kabar tersebut tentu saja menjadi angin segar pegiat musik reggae Indonesia untuk mendapat tempat istimewa.

Perilisan tersebut diharapkan tidak terhenti disitu saja, aktifitas pegiat musik reggae dan grass rootnya harus terpantau dengan baik untuk menyuarakan suaranya ditempat yang benar.

Sebagai informasi, reggaeindonesia.co.id berawal dari Tabloid Reggae Indonesia yang pertama tebit pada Agustus 2010 dengan Steven Jam sebagai cover di edisi perdana tersebut. Setelah beberapa bulan terbit sebulan sekali, akhirnya dapat terbit dwi mingguan.

Untuk menaikan pamor reggae, dari tabloid berubah menjadi Majalah Reggae Indonesia dengan sang maestro Bob Marley sebagai halaman depan. Namun majalah tidak bertahan lama dan akhirnya berubah menjadi reggaeindonesia.com hingga beberapa tahun kedepan yang akhirnya menjadi lebih Indonesia dengan merubah domain .com menjadi .co.id dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).

Seiring waktu berjalan, akhirnya reggaeindonesia.co.id berhenti beroperasi selama beberapa tahun meskipun pernah kembali dirilis pada 2018 silam. Pemilihan tanggal cantik yakni 12.02.2021 sebagai penanda hari ini akan mengulang keberhasilan yang dulu pernah dilakukan, tentu saja dengan semangat baru untuk waktu yang sedang dan terus berjalan.