PENYANYI dan Penulis Lagu Sarah Saputri merilis single berjudul Lolalove pada Minggu (14/2/2021) lalu. Istimewanya, Sarah menggandeng sosok Kaka Slank sebagai kolaborator di lagu Lolalove yang ditulis sendiri olehnya. Melalui lagu ini, ia mengisahkan tentang asmara, yang mana diakui Sarah, lagu ini terinspirasi dari kisah asmara antara dua orang yang sebelumnya memang sudah punya kedekatan sebagai teman.

Ditengah perasaan janggal dalam hati, salah satu tokoh pada lagu ini kemudian bertanya dan berulang kali memastikan perasaannya tersebut. Dikenal publik sebagai sosok musisi dengan harmonika dan karakter blues-nya yang kental, dilagu ini, Sarah coba menampilkan sesuatu yang berbeda.

Namun diakuinya, perbedaan karakter pada lagu ini tercipta tanpa disengaja, alias ditemukan saat proses kreatifnya. Lolalove menawarkan musik blues dengan sentuhan R&B, yang mana Sarah mengeksplorasi permainan harmonikanya diatas dua garis musik tersebut.

Selain itu, Sarah juga mengeksplorasi kemampuan vokalnya lebih jauh. Proses kreatif selama penggarapan musiknya secara keseluruhan kemudian menumbuhkan karakter baru. Dengarkan saja langgam vokal yang dilantunkan Sarah, yang juga kental dengan nuansa musik Jawa Barat.

"Ada langgam tertentu yang juga diselipkan di vokal saya pada lagu ini. Melalui langgam vokal tersebut, saya ingin menghadirkan nuansa musik Jawa Barat juga. Karena enggak dipungkiri, saya berasal dari Jawa Barat," ujar penyanyi yang juga sedang disibukkan dengan penggarapan proyek musik ‘Anugerah Alam Indonesia’ ini.

Terkait kolaborasinya dengan Kaka Slank, wanita kelahiran 28 September 1990 mengaku bahwa ini merupakan kesempatan berharga dalam karirnya sebagai musisi. Sebelum akhirnya berduet, Sarah memang nampak beberapa kali berkolaborasi dengan Slank, antara lain pada momentum konser Slank di Yon Zipur, Ujungberung, Bandung pada Juli 2019 silam dan pada momen ulang tahun Slank ke-36 di Mbloc Space, Jakarta.

Menariknya, Sarah tak menyangka kalau Kaka Slank akan menerima pinangannya sebagai kolaborator di lagu ini, terlebih, ia begitu mengidolakan Kaka sebagai musisi.

"Sosok Kaka adalah idola saya. Disamping musikalitasnya yang sudah tidak diragukan, dia punya attitude yang luar biasa banget. Kolaborasi ini bisa dibilang seperti impian yang menjadi kenyataan," ujar Sarah.

Di mata Sarah, Kaka Slank merupakan musisi dengan karya luar biasa, namun tetap aktif mengampanyekan harmonika. Kaka juga kerap jadi bintang tamu dalam sesi diskusi daring yang dibuat Sarah di kanal YouTube-nya. Sebaliknya, Kaka Slank sendiri menganggap kolaborasi dengan Sarah sebagai sebuah kehormatan.

Sebagai musisi, Kaka selalu merasa senang saat diajak jamming atau berkolaborasi. Di sisi lain, Kaka mengaku kalau Sarah merupakan salah satu pemain harmonika yang menarik perhatiannya karena permainan dan vokalnya yang luar biasa.

"Kenapa gue bilang ‘Yes’ waktu Sarah ngajak kolaborasi, itu karena gue ngerasa asyik aja. Enggak ada alasan buat gue nolak. Dan lagu Lolalove ini jadi beat yang baru buat gue nyanyiin. Liriknya sederhana tapi to the point. I love it!," kata Kaka.

Terkait perannya di lagu ini, Kaka mengaku dirinya coba menyelipkan karakternya sebagai pemain harmonika dengan gaya musik blues. Bisa kita dengar sendiri, begitu menohoknya karakter permainan harmonika dari Kaka di lagu ini. Menurutnya, tantangan ada di beat musiknya dengan musik R&B yang 'menohok' dan cukup baru.