Awali 2021, Perahu Karet Gandeng Hasan Khalidi Rilis Single Akar Yang Sama

 


PANDEMI yang terjadi sejak awal 2020 membuat banyak pihak memutar otak untuk terus berkarya, dan melihat momen tersebut yang akhirnya membuat unit reggae asal Yogyakarta bernama Perahu Karet untuk merekam ulang lagu bertajuk Akar Yang Sama ciptaan aktivis asal Jakarta, M Hasan Khalidi.

Banyak hal yang menjadi pelajaran berharga bagi Tower pada vocal, Boyon dan Reza pada gitar, Randi pada bass, serta Faris pada drum, seperti rasa takut yang hampir dialami oleh semuanya yang secara tidak langsung juga mempengaruhi tatanan kehidupan. Itu pula yang menjadi dasar Perahu Karet untuk merasa perlu kembali merilis Akar Yang Sama.

"Rasa takut itu merusak teori bahwa manusia itu mahluk sosial, itu pula yang merusak pola berkebudayaan dan hanya membuat manusia itu super individu serta pembatasan antara yang satu dengan lainnya," kata vokalis Perahu Karet, Tower.

Band yang berdiri pada 20 September 2014 di Yogyakarta ini menyebutkan, pada bagian lirik Akar Yang Sama disebutkan bahwa tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama, juga dibalik isi hati dan pemahaman tentang hakikat hidup yang utama yakni berbagi cinta, kasih dan damai.

"Kegelisahan pasti ada, tinggal bagaimana kita menyikapinya dan karena itulah Perahu Karet coba membuat lingkaran dengan melihat yang terjadi sekarang serta disampaikan seperti yang terjadi di alam," ujarnya.

Menurutnya, dengan matahari yang sama antara mahluk hidup satu dengan lainnya tidak seharusnya saling mementingkan ego masing-masing. Itulah yang ingin disampaikan kepada khalayak umum agar manusia sudah seharusnya memanusiakan manusia.


Dibantu oleh Bege Van De Skamafia untuk proses aransemen, Akar Yang Sama kembali dirilis tepat pada 1 Januari 2021 sebagai momen spesial dalam berbagai proses tepat saat pandemi covid-19 saat ini. Dan perilisan tersebut sebagai pembuktian bahwa Perahu Karet tidak pernah surut dan tetap akan berkarya.


Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes