SINGLE bertajuk Penumbra dipersembahkan unit deathcore asal Purwokerto, Eternal Desolator yang dirilis akhir 2020 ini sebagai penanda selesainya era album pertama bertajuk Omnipotence Paradox yang dirilis 2019 lalu. Selanjutnya, mereka akan fokus pada penggarapan album kedua dimana workshop dilakukan selama hampur setahun tanpa atmosfer panggung atau gigs lainnya.

Dalam perilisan Penumbra, Eternal Desolator menggandeng salah satu penyanyi Rap asal Purwokerto bernama Haedar atau akrab dengan nama panggung Dracul. Dracul merupakan salah satu rapper muda berbakat dari Purwokerto yang juga telah merilis
singlenya pada November 2020 lalu berjudul Persona In Control.

"Bila sesuai rencana, Penumbra ini juga akan menjadi salah satu bagian dari album kedua Eternal Desolator yang akan dirilis pertengahan 2021 mendatang," kata mereka melalui press release yang diterima acarakita.net, Rabu (23/12/2020) lalu.

Menutup akhir tahun dengan rilisnya Penumbra ini menjadi bukti bahwa meskipun tidak ada kegiatan panggung dan show lainnya pasca tour album pertama pada akhir 2019 bukan menjadi penghambat band ini dalam berkarya. Sebelum ini bahkan Eternal Desolator sempat merilis sebuah music video re-arrangement lagu The Violation dari Fleshgod Apocalypse pada bulan Agustus yang lalu.

"Penumbra bercerita pada keadaan pre-conciousness manusia, ambang batas kesadaran dan alam bawah sadar yang salin berkelindan yang berdampak pada pola pikir dan tingkah laku manusia," ujarnya.

Secara musikal, produksi Penumbra ini menjadi pengalaman baru yang menarik terutama bagi Eternal Desolator dan Dracul. Karakter dentuman Deathcore 8 String khas Eternal Desolator, blast beat, bass drop, breakdown serta ornament dissonant guitar sound yang dipadu padankan dengan alunan hip hop yang mengiringi celoteh cepat Dracul yang penuh tenaga.

Dengan hadirnya warna baru yang dihasilkan Eternal Desolator ini diharapkan menjadi angin segar bagi skena musik keras dan skena HipHop pada khususnya. Penumbra resmi dirilis dalam bentuk official music audio pada kanal YouTube Eternal Desolator pada Selasa (22/12/2020) dan akan segera tersebar di beberapa gerai streaming music digital lainnya.


Untuk merayakan perilisan single Penumbra ini Eternal Desolator bekerja sama dengan Crashgear, salah satu clothing brand asal Purwokerto dalam memproduksi merchandise untuk single Penumbra ini.