MASA pandemic yang kini sedang terjadi bukan menjadi halangan sebuah band untuk terus bergerak produktif menciptakan karya. Sekiranya itulah yang dilakukan unit Jamaican Keroncong asal Purwokerto, Orkes Reol Serayu yang baru saja merilis single bertajuk Jauh pada Kamis (27/8/2020) lalu.

perilisan tersebut dibarengi dengan video music yang sudah mulai tayang di kanal YouTube mereka pada hari yang sama. Produktifitas mereka diawali dengan proses workshop music, proses rekaman, pembuatan video musik, dan persiapan launching di sanggar Hirataka, Banyumas.

Lagu tersebut, diceritakan Odi sang vokalis tentang pasangan kekasih yang hubungannya sedang dihadapkan dengan masalah jarak dan waktu. Dengan mengusung tema hubungan jarak jauh yang sering terjadi dikehidupan asmara saat ini, Orkes Reol Serayu ingin menyajikan lagu bernuansa Ska dan Keroncong yang mudah diterima oleh pendengar khususnya kawula muda.

"Dalam prosesnya, kami mempercayakan proses mixing dan mastering kepada Ilham Ari Purnomo. Sedangkan untuk proses pembuatan music video, berkolaborasi dengan Aegiss," kata bassis Orkes Reol Serayu, Bagus.

Artwork sendiri dikerjakan oleh seniman kenamaan Purwokerto, Kating Egepe. Dengan pengalamannya mengerjakan berbagai macam artwork, kating menginterprestasikan lirik kedalam sebuah ilustrasi gambar yang nyata dan menarik.

Dengan mengeluarkan single pertama ini, Orkes Reol Serayu berharap dapat membuat pasar baru di industri musik Indonesia dan membawa nama Purwokerto, sekaligus sebagai pemacu bagi para musisi di Purwokerto untuk terus bergerak dan berkarya.