DALAM sebuah event, master of ceremony (MC) menjadi tokoh penting supaya event tersebut dapat berjalan dengan baik dan pastinya tidak garing. Untuk mengatasi hal tersebut, Dipta Segalacuaca yang merupakan MC profesional dan tergabung dalam komunitas MC Purwokerto memberikan beberapa tips yang bisa diikuti.

Kenali Acara Yang Dibawakan
Ini menjadi hal pertama yang diperlukan, karena dengan mengenali acara yang dibawakan akan membuat seorang MC menjadi lebih meyakinkan. Jadi pelajarilah nama acara, tema acara, susunan acara, tujuan acara, pengisi acara, hingga undangan atau yang akan menghadiri event tersebut.

Harus Mempunyai Jiwa Entertain
Seorang MC harus bisa menghibur undangan atau yang hadir dalam event tersebut, untuk itulah ia harus mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak dan melakukan berbagai inovasi saat melaksanakan tugasnya tersebut. Yang terpenting jangan sampai salah memberikan hiburan kepada pengunjung yang hadir.

Rasa Percaya Diri Yang Tidak Berlebihan
Memiliki rasa percaya diri wajib dimiliki oleh seorang MC, namun rasa percaya diri tersebut tidak boleh berlebihan yang nantinya justru bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Mental Yang Baik Sebagai Seorang Entertain
Dengan memiliki mental entertain yang baik, bisa membuat seorang MC siap menghadapi segala macam kondisi panggung dan yang terpenting bisa mengontrol diri dan suasana sehingga tetap mencair.

Perbanyak Wawasan, Informasi, dan Referensi
Tampil dihadapan banyak orang pasti akan menjadi sorotan, selain itu juga wajib untuk mengerti apa yang saat ini viral. Jangan sampai seorang MC justru terlihat tidak smart saat menyampaikan informasi, karena untuk menjadi seorang MC tidak cukup hanya dengan 'bisa ngomong' saja tapi harus tahu banyak hal.

Rajin Berlatih
Modal utama seorang MC adalah mulut, karena itulah harus rajin berlatih olah intonasi suara serta artikulasi dari kata-kata yang disampaikan harus jelas supaya sampainya kepada audience juga baik yang akhirnya dari audience tersebut akhirnya tertarik untuk masuk pada apa yang disampaikan.

Fashionable
Penampilan menjadi penting karena seorang MC dilihat banyak orang. Bisa dibayangkan bila pakaian yang dikenakan tidak sesuai dengan tema yang diangkat, maka akan terlihat aneh. Fashionable disini bukan selalu mengenakan pakaian yang sedang ramai, tapi lebih kepada bisa melihat situasi dan kondisi event tersebut.

Keep Humble
Meskipun sudah mempunyai nama besar, seorang MC profesional diharuskan tetap rendah hati. Dengan sikap rendah hati dimiliki maka untuk kedepannya dari client akan selalu memakai jasanya, misalpun tidak dalam konteks pekerjaan maka komunikasi harus tetap dilakukan karena disitulah nantinya sikap rendah hatinya terlihat.

Itu beberapa tips menjadi seorang MC event profesional dari seorang Dipta yang sudah merasakan pahit manisnya menjadi seorang MC profesional dengan banyak client. Selain dari tips diatas, pasti masih banyak lainnya yang dapat dipelajari dan dari situlah sikap mau belajar diperlukan.