Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Upaya Ciptakan Ekosistem Literasi, Luminor Hotel Purwokerto Beri Dukangan Untuk Festival Komik Ngapak 2023

SEBAGAI upaya menciptakan ekosistem literasi yag lebih baik khususnya dibidang pembuatan komik, acara bertajuk Festival Komik N...


SEBAGAI upaya menciptakan ekosistem literasi yag lebih baik khususnya dibidang pembuatan komik, acara bertajuk Festival Komik Ngapak 2023 (FKN 2023) se-Barlingmascakeb terselenggara sejak Mei hingga Juni 2023 mendatang. Rangkaian acara dalam festival ini meliputi lomba membuat komik, kelas komik, serta acara puncak dan inagurasi.

Untuk pendaftaran sudah dimulai dari 17 Mei hingga 7 Juni 2023 dengan melibatkan peserta dari kalangan SMP-SMA/sederajat dan mahasiswa/umum (18 - 25 tahun). 

Ketua panitia FKN 2023 sekaligus Creative Officer Omera Pustaka, Novita mengatakan, perubahan trend pekerjaan yang signifikan dijaman yang serba digital ini, pelajar harus menyiapkan bekal dari sekarang, memperbanyak keterampilan, memperluas jaringan, dan memanfaatkan peluang.

Kami ingin mengampanyekan bahwa ada peluang emas dalam dunia komik atau ilustrasi sebagai karya fisik maupun karya digital," katanya.


Melalui kegiatan FKN 2023, Omera Pustaka dengan Luminor Hotel Purwokerto dan Bank Indonesia mendukung kegiatan FKN sebagai media kreatifitas anak muda yang modern namun tetap menjunjung nilai-nilai budaya. 

General Manager Luminor Hotel Purwokerto, Rio Nofiando Atje mengatakan, kreatifitas dalam mengangkat kearifan lokal oleh generasi muda tentu merupakan hal yang perlu didukung dan difasilitasi.

Jadi, kami sangat antusias dalam mendukung kesempatan yang ada pada saat ini. Kami berharap setiap karya terbaik dapat dinikmati oleh setiap generasi dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang, khususnya se-Barlingmascakeb," kata dia.

Dalam dukungannya, Luminor Hotel Purwokerto menyediakan lokasi kelas komik secara dan memberikan berbagai hadiah serta fasilitas penunjang lainnya.

Digital payment akan benar-benar diterapkan kepada seluruh peserta, sehingga seluruh rangkaian acara FKN 2023 akan menggunakan QRIS sebagai misi dari Bank Indonesia Purwokerto yang aktif melakukan edukasi kepada masyarakat tentang digital payment.

Peserta FKN 2023 akan berkesempatan mendapatkan kelas komik secara luring bersama Maria Rengganis yang merupakan komikus asal Banyumas yang karyanya berjudul The Witch’s Heart (Hati sang Penyihir) sudah mendunia dan diterjemahkan ke dalam enam bahasa, di Hotel Luminor Purwokerto pada Minggu (11/6/2023).

Setiap kategori peserta akan memenangkan beberapa nominasi, seperti karakter terbaik, ilustrasi terbaik, cerita terbaik, dan komik terfavorit, dengan total hadiah 18 juta rupiah.