Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Empat Musisi Lokal Tampil di Gelaran Live Session #2 Bikinan Koalisi Statement

KERIAAN Live Session #2 persembahan unit kolektif kreatif Koalisi Statement sukses digelar di Kedai Suguh, Palmerah pada Sabtu (...

KERIAAN Live Session #2 persembahan unit kolektif kreatif Koalisi Statement sukses digelar di Kedai Suguh, Palmerah pada Sabtu (11/2/2023) lalu. Acara yang dipandu oleh Eno Suratno Wongsodimedjo dan Jack Andie ini sudah semarak sejak pintu dibuka, tepat pada pukul 7 malam.

Lebih dari 70 pasang mata hadir di keriaan yang menampilkan empat musisi arus samping dengan karya mumpuni, yakni Obat Macan, Ervin Kumbang, Daniel Rumbekwan, dan Suara Elegi.

Malik dan Adit yang menggawangi unit Obat Macan menjadi penampil pertama dan sukses memanaskan panggung dengan membawakan sejumlah lagu milik mereka, termasuk Jangan Datang ke Sukabumi dan Kumpul Enggak Kumpul asal Makan.

Malik sendiri bukan sosok baru di kancah permusikan. Namanya terbilang mentereng di skena musik lokal Sukabumi sejak membentuk kolektif Rumah Mesra dan radio online Mesin Suara. Obat Macan, menjadi unit penghibur yang juga lahir tangan dinginnya.

Sementara Ervin Kumbang yang didaulat menjadi penampil kedua juga mampu memakukan pandangan penonton ke arah panggung lewat karya-karyanya yang segar dan relevan. Ervin sendiri dikenal sebagai penyanyi cum penulis lagu yang karyanya kerap mengajak pendengarnya berkontemplasi.

Lirik lagu milik Ervin, diantaranya bercerita tentang cinta, kesenjangan konsumerisme budaya barat-timur, dan bahasa.

Keberadaan Ervin di kancah permusikan merupakan pemberontakan terhadap cara berpikir bahwa orang dengan latar belakang sosial-ekonomi sederhana yang tinggal di negara dunia ketiga seperti Indonesia tidak akan pernah bisa mendistribusikan musiknya ke negara maju.

Gelaran kedua Live Session sempat terhenti lantaran cuaca yang tidak bersahabat, hingga keriaan yang semula dihelat outdoor, harus dipindah ke area dalam ruangan. Hujan yang terus turun tidak membuat para penonton yang telah membeli tiket beranjak. Bahkan, area indoor yang lebih sempit justru membikin suasana semakin intim.

Acara berlanjut dengan tampilnya Daniel Rumbekwan, musisi asal Madiun yang membawakan lagu-lagu karyanya sendiri semisal Meledak, Terima Saja, hingga Burung Kecil. Riuh tepuk tangan dan sambutan penonton mampu menghangatkan suasana yang sejak semula diselimuti cuaca dingin. 

Helatan Live Session #2 kemudian ditutup oleh penampilan Suara Elegi yang membawakan lagu-lagu sendu nan syahdu milik mereka, di antaranya Bulan di Margonda dan Aku Ingin Bicara.

Rencananya, Koalisi Statement bakal menggelar lagi keriaan Live Session #3 dengan sejumlah artis penampil yang berbeda. Informasinya bakal diumumkan dalam waktu dekat di akun Instagram @koalisistatement.