Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Pentas Rakyat : Jaya Ratih

SEMPAT hiatus selama 2 tahun akibat pandemi, pada 2022 ini SMAN 3 Yogyakarta kembali mengadakan Pentas Rakyat (Perak) yang kali ...

SEMPAT hiatus selama 2 tahun akibat pandemi, pada 2022 ini SMAN 3 Yogyakarta kembali mengadakan Pentas Rakyat (Perak) yang kali ini mengambil judul 'Jaya Ratih' pada Sabtu (19/11/2022) di Lapangan Bola SMAN 3 Yogyakarta.

Acara yang dibuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya ini bertemakan Kesetiaan antara Kamajaya dan Kamaratih dibalut dengan unsur humor, romantis, aksi, dan lebih banyak lagi.

Perak ini merupakan event tahunan SMAN 3 Yogyakarta dalam rangka melaksanakan program kerja OSIS SMAN 3 Yogyakarta periode 2022/2023 dan kerjasama dengan Teater Jubah Macan (JM). Salah satu tujuan diadakannya Perak ini adalah sebagai wujud apresiasi generasi muda terhadap pertunjukan teater.

Seluruh warga SMA N 3 Yogyakarta turut berkontribusi dalam menyukseskan acara Perak ini. Banyak siswa siswi yang bekerjasama dalam proses produksi pementasan ini. 

Target penonton pada Perak ini adalah warga sekitar sekolah, karena ini merupakan pentas hiburan yang didedikasikan kepada warga sekitar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak kalangan masyarakat yang dapat hadir pada pentas ini.

Terdapat banyak keunikan pada Perak tahun ini, diantaranya, menceritakan kisah pewayangan; Kamajaya dan Kamaratih, yang jarang diangkat, tetapi memiliki kandungan makna yang mendalam mengenai kesetiaan.

Adanya kombinasi dengan komedi yang berisi lelucon dan kritik sosial yang berhubungan dengan masalah-masalah terkini, terdapat dekoran obor api yang menyala memutari lapangan, dan tentunya terdapat stand makanan gratis untuk pengunjung.

Kami berharap, dengan adanya pementasan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya budaya Jawa lebih luas lagi karena Perak mengangkat kebudayaan Indonesia pada latar tahun 1400-an, terutama kebudayaan Jawa, seperti penggunaan gamelan sebagai musik dan Bahasa Jawa sebagai bahasa dalam beberapa dialog. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui akun @eventpadz dan @jubahmacan di instagram.