Penghargaan Untuk Pelaku Industri Musik Tanah Air, Jaringan Jurnalis Musik Adakan Kaset Awards.

BANYAKNYA potensi baru usai pandemi, beberapa jurnalis yang konsen pada berita musik memberikan apresiasi berupa Kaset Awards. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk sumbangsih dan perhatian kepada pelaku industri musik agar dapat berdampak positif bagi semuanya.

Lebih dari 40 nama jurnalis dan masih akan diupdate membentuk Jaringan Jurnalis Musik yang nantinya akan memberikan penghargaan bagi pelaku industri musik tanah air. Penghargaan berbentuk award, diperlukan sebagai tanda eksistensi dan menghargai musisi atau pelaku industri musik atas karya atau apa yang pernah mereka buat di perjalan industri musik. 

Hal tersebut pastinya sesuai dengan moto yang diusung Jaringan Jurnalis Musik, yakni Memacu Ekosistem Industri Musik Tanah Air," kata salah satu inisiator Kaset Awards, Andree Stroo, Senin (22/08/2022) lalu.

Maka, lanjut dia, Jaringan Jurnalis Musik mengadakan  Kaset Awards untuk mensupport kemajuan dan maraknya industri musik tanah air. Awarding tahunan yang akan diselenggarakan secara kontiny, persembahan Jurnalis Musik untuk musik Indonesia.

Pengambilan nama Kaset Awards bukan tanpa alasan dan ada beberapa pertimbangan. Selain mudah diingat, kaset menjadi icon bagi pelaku industri musik dan juga pernah digunakan para awak media untuk melakukan aktivitas dalam bekerja. Dan yang paling penting,  kaset pernah memasuki masa kejayaan di industri musik dunia.

Jaringan Jurnalis musik yang beranggotakan media dari berbagai kota di Indonesia bekerja secara independen dan dinaungi oleh Deteksi Production. Kurasi untuk Award sudah dimulai sejak April 2022 lalu, dengan memilih 10 kategori yang beberapa diantaranya tidak ada di banyak award lainnya, yakni :
  • Pendatang Baru Terbaik, 
  • Solois Pria Terbaik, 
  • Solois Wanita Terbaik, 
  • Band Terbaik, 
  • Kolaborasi Musik Terbaik, 
  • Soundtrack Lagu terbaik, 
  • Artwork Terbaik, 
  • Videoclip Terbaik, 
  • Konser Terbaik, dan 
  • Music Festival Terbaik.

Pilihan tersebut berdasarkan lagu/album yang resmi dirilis atau konser/event yang baru diadakan pada masa penjurian. Pada pemilihan diatas tidak dibagi berdasarkan genre, tapi dilihat dari kualitas, performa, dan hasil penjualan lagu/album hanya menjadi pertimbangan terakhir.

Sistem kurasi dilakukan setiap bulan, dimana seluruh member Jaringan Jurnalis Musik bisa mengajukan kandindat yang dipilihnya secara pribadi, dan diakhir bulan akan dilakukan vote bersama-sama untuk dipilihnya pemenang di setiap bulan.

Pemenang perbulan masing-masing kategori ini nantinya akan divote di akhir tahun (Maret 2023) untuk dipilih pemenang yang berhak mendapatkan Kaset Awards.

Akan tetapi ada penghargaan tiap bulannya, buat artis/band yang memang memiliki potensi luar biasa. Diharapkan kegiatan ini, bisa memacu kreatifitas para pelaku industri musik di tanah air.   


Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes