Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Gelar Jakarta Metaverse, Komite Ekraf Jakarta Pertemukan Ribuan Pelaku Ekraf Tanah Air

INDUSTRI kreatif kian digadang-gadang sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional. Besarnya kue ekonomi yang mungkin dih...


INDUSTRI kreatif kian digadang-gadang sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional. Besarnya kue ekonomi yang mungkin dihasilkan sektor ekonomi kreatif mendorong Komite Ekraf Jakarta (KE JKT) menggelar Jakarta Metaverse, gerakan dan melting pot yang diinisiasi bersama para pelaku ekraf Jakarta dalam membangkitkan kolaborasi lintas sektor kreatif, yang menerobos batas, menciptakan kebaruan, dan mendisrupsi cara berfikir.

Acara yang digelar secara daring pada 27-29 Agustus 2021 ini mengusung tema 'The New Age of Creative Economy'. Meskipun baru pertama kali digelar, Jakarta Metaverse langsung bertabur bintang. Tercatat Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan membagikan pandangan mereka tentang potensi ekonomi kreatif.

Hal ini membuat cita-cita menjadikan Jakarta Metaverse sebagai wadah utama pegiat kreatif tanah air, kian optimis dapat dicapai. Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir menyoroti pentingnya sinergi antar institusi untuk memajukan industri ekonomi kreatif tanah air.

Sesuai tupoksinya, Kementerian BUMN menomorsatukan untuk mendukung ekosistem yang sehat. Saat covid kami mendukung penuh Kementerian Kesehatan, ketika bicara tentang industri kreatif, kami mendukung Kemenparekraf karena memang kita merupakan ekosistem yang harus dikembangkan," kata dia.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap kedepannya kolaborasi Kemenparekraf dan Komite Ekraf bisa menghasilkan inovasi-inovasi dan produk ekonomi kreatif yang bukan hanya bisa dijual secara online, dalam platform digital. Namun juga dapat menjadi suatu ekosistem yang tentunya diharapkan untuk membangkitkan ekonomi pasca pandemi.

Hal senada disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang pentingnya keikutsertaan semua pihak untuk ambil bagian memajukan Ibukota. Menurutnya, tidak ada kota lain di Indonesia yang punya deretan institusi seperti Jakarta, karena itu sayang apabila pemerintah mengerjakan semuanya sendiri.

Ketua Komite Ekraf Jakarta menyatakan apresiasi publik terhadap Jakarta Metaverse 2021 jauh melebihi perkiraan segenap komite yang terlibat. Pihaknya tidak mengira antusiasme publik begitu besar dimana response positif ini menunjukkan bahwa para pegiat ekraf tanah air merasakan dahaga setelah sekian lama didera pandemi.

Sehingga, kata dia kehadiran Jakarta Metaverse menjadi oase bagi segenap pelaku ekraf tanah air. Hal tersebut akan memotivasi kami untuk kian baik pada gelaran selanjutnya. Sebanyak 2.350 pegiat ekonomi kreatif di tanah air berkumpul dan merayakan potensi ekonomi kreatif khususnya di Jakarta.

Melalui kegiatan ini, KE JKT berupaya menghadirkan sebuah babak baru Ekraf DKI Jakarta yang bertujuan mengajak para pelaku untuk bisa beradaptasi, berinovasi agar dapat menciptakan suatu kreasi baru, kesempatan baru untuk terciptanya ekosistem ekonomi baru.