Narasi Deskriptif, Harapan Dan Mimpi Untuk Indonesia Dari Kamar Jiwa Di Lagu Nusantara



USAI merilis album ketiga pada Januari 2021 lalu, Kamar Jiwa kembali hadirkan single baru bertajuk Nusantara jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Agustus 2021 ini. Single ini menurut kolektif yang beranggota Fitrah Umam pada gitar dan vokal, Fauzan Hermawan pada drum, Septa Pratama pada gitar, serta Lukman Tembossey pada bass diambil dari literatur berbahasa Jawa zaman pertengahan.

Yakni sekitar abar ke-12 hingga ke-16 mengenai konsep kenegaraan Kerajaan Majapahit yang mempunyai arti Negara Kepulauan dan kemudian di 1920an dicetuskan kembali oleh Ki Hajar Dewantara sebagai alternatif nama negara sebelum nama Indonesia diresmikan," kata Fitrah Umam.

Lagu ini merupakan sebuah deskripsi tentang Indonesia secara geografis dengan tanah pertaniannya yang subur, kekayaan laut dan sungainya, belantara rimba dan hutan tropisnya, serta daerah pegunungan yang mengelilingi beberapa pulaunya.

Selain itu, lagu ini juga harapan dan mimpi sebagian besar dari kita semua dimana sebuah negara Indonesia yang bersatu dan berjaya, saling menghargai serta bertoleransi walaupun berpenduduk sangat majemuk dengan 1.331 suku bangsa dan lebih dari 660 bahasa etnik (survey BPS 2010).

Lirik yang sengaja menggunakan beberapa frasa formal, klise dan terdengar sedikit kaku pada bagian refrain, Kamar Jiwa ingin menyuarakan kembali semangat dan ajakan klasik mengenai konsep Bhineka Tunggal Ika yang sudah mulai berkurang dalam tatanan dan cara bersosialisasi sebagian dari masyarakat kita.

Lagu Nusantara bergenre pop dengan sentuhan shoegaze klasik tahun 90-an, bernuansa folklore tone dari etnik Dayak, Jawa, Sunda, Bali, Minangkabau dan Papua pada hampir semua part lagu.

Beberapa bebunyian efek midi dan synth dari perangkat elektronik serta sedikit sound distorsi juga terdengar dilagu ini, yang secara tidak langsung, sebagai akibat dari masuknya dua personil baru, Septa dan Lukman, dengan membawa karakter dan taste mereka ke dalam musik Kamar Jiwa.


Bagi Kamar Jiwa sendiri, single Nusantara ini merupakan perayaan dan doa untuk beberapa hal seperti perayaan perubahan formasi dari duo menjadi kuartet, perayaan semangat Bhineka Tunggal Ika menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus tahun ini, serta doa untuk Indonesia yang lebih baik, maju dan segera sembuh, terbebas dari pandemi covid-19 beserta varian genrenya yang telah merenggut banyak nyawa manusia di dunia.

Namun lebih dari itu semua, secara garis besar lagu ini berbicara tentang sebuah issue global yang cukup klise yakni toleransi," ujar dia.

Lagu ini diciptakan oleh Fitrah Umam sang vokalis, dan liriknya ditulis oleh Fauzan Hermawan. Sedangkan musiknya diaransemen oleh Fitrah Umam dan Sunu Prasasti, AR Head dilabel yang merilis single Nusantara, yang juga merupakan alumnus dari AkustikKiller, salah satu grup folk gelombang pertama dari Bandung.

Nusantara dirilis secara digital di semua platform streaming pada 9 Agustus 2021, dan akan didistribrusikan ke semua jaringan radio di seluruh Indonesia di bawah naungan label Big Records Asia, sebuah label rekaman dan publisher dari Jakarta.
Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes