Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder Akhirnya Digelar

KONDISI di Indonesia akibat pagebluk Covid-19 tahun 2020 lalu memaksa ARTJOG untuk menunda perhelatan edisi tahun 2020 (MMXX) yang mengusung...


KONDISI di Indonesia akibat pagebluk Covid-19 tahun 2020 lalu memaksa ARTJOG untuk menunda perhelatan edisi tahun 2020 (MMXX) yang mengusung tajuk time (to) wonder dan menggantikannya dengan sebuah edisi tanggap darurat, ARTJOG Resilience, untuk merespon kondisi saat itu.

Pada akhirnya, tahun ini ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder akan diselenggarakan pada 8 Juli-31 Agustus 2021 di Jogja National Museum dengan menerapkan sistem kunjungan terbatas dan protokol kesehatan yang berlaku.

Sejak akhir 2018, ARTJOG Arts in Common telah mematok tiga kata kunci untuk rangkaian penyelenggaraannya selama tiga tahun, yakni ‘ruang’, ‘waktu’ dan ‘kesadaran’. Ketimbang menempatkan ketiganya sebagai konsep yang terpisah satu sama lain, ARTJOG merancang fokus kuratorialnya sedemikian rupa sehingga ketiganya saling melengkapi dan menegaskan.

Dengan cara inilah, harapannya agenda Arts in Common dapat termanifestasikan secara koheren sebagai sebuah seri pameran. Time (to) Wonder sebagai tajuk kedua setelah common|space (2019), sedianya berlangsung pada bulan Juli-Agustus 2020.

Meskipun jadwal penyelenggaraan festival bergeser, formasi seniman ARTJOG MMXXI - time (to) wonder tidak berubah. Tahun ini ARTJOG juga akan menghadirkan kembali program-program andalan seperti Special Project, Young Artists Awards, dan Daily Performance, disamping program edukasi publik Curatorial Tour dan Meet the Artist.

Expanded ARTJOG juga tetap hadir sebagai program baru yang akan terus berlanjut di ARTJOG kedepannya. Kolaborasi dengan praktisi dokumenter untuk merekam realita di sekitar ARTJOG masih dijalin untuk terus memberi pengalaman yang berbeda bagi publik.

Masih dalam semangat kemanusiaan, ARTJOG MMXXI bersama ARTCARE INDONESIA juga kembali untuk mewadahi rasa kepedulian para seniman di masa pandemi yang belum usai ini. Selain itu, pelaksanaan ARTJOG tentunya tak lepas dari Jogja Art Weeks sebagai sebuah inisiatif yang terus berupaya menggerakkan ekosistem kreatif di Jogja dan sekitarnya.

Pengelolaan festival dengan metode daring dan fisik yang dilakukan ARTJOG adalah sebuah usaha untuk terus mempertemukan berbagai gagasan dan praktik berkesenian, serta mendekatkan hal tersebut ke hadapan publik. Informasi terkini mengenai pelaksanaan ARTJOG MMXXI: Arts in common - Time (to) Wonder dapat diakses di www.artjog.id dan akun resmi media sosial ARTJOG.