Nova Abdillah Bercerita Tentang Menerima Keadaan Diri di Lagu Phlegm Of A Girl

 


MENUJU perilisan mini album perdananya sebagai solois, Nova Abdillah yang merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu dari Yogyakarta menuangkan cerita tentang penerimaan diri melalui single keduanya bertajuk Phlegm Of A Girl pada Jumat (5/2/2021) ini.

Single ini merupakan lanjutan dari rilisan perdananya bertajuk Lost sebagai seorang solois. Dengan pendekatan musik ballad dan akustik era awal 90an, Nova banyak terinspirasi dari invasi seattle sound yang tergambar lewat notasi-notasi lagunya.

"Pendekatan ini cocok dengan tema lagu Phlegm Of A Girl yang bercerita seputar hubungan romansa, proses mencintai diri dan perjuangan manusia urban dalam mengejar stabilitas finansial," katanya. 

Fenomena media sosial yang penuh dengan dinamika, kerap mengundang rasa 'minder' disebagian pengguna. Banyaknya konten yang menggambarkan pencapaian, kemewahan dan kesuksesan seseorang sering dipandang sebagai toxic positivity di masa pandemi ini.

Tidak sedikit orang yang akhirnya berakhir menjadi kecil hati, bahkan sampai ke level depresi karena tuntutan sosial yang secara tidak langsung menjadi standar baru di media sosial. Hal inilah yang menggerakkan Nova Abdillah untuk menulis lagu Phlegm Of A Girl.

Berangkat dari sebuah VCD playlist 'Evergreen Rock' yang ia temukan di rumah sepupunya semasa SMP, Nova mulai menulis komposisi lagu yang terinspirasi dari track Patience milik Guns N' Roses, dan About A Girl dari Nirvana. Kemasan gitar akustik dalam Patience dipadukan dengan pendekatan gamblang About a Girl yang menjadi inspirasi utama dalam hal kemasan nuansa Phlegm Of A Girl.

Dikisahkan melalui perjalanan seorang remaja laki-laki yang mencari ketenangan batin dan pertemuannya dengan seorang perempuan, dimana sang perempuan ternyata memiliki preferensi seksual yang berbeda. Dinamika ini yang membawa sang remaja melewati perjalanan hingga menemukan dan menerima dirinya sendiri.

Hal ini menggambarkan bagaimana Nova mencoba merangkum pandangan tentang isu dengan kemasan yang menarik. Menurutnya, diluar analogi dalam lirik lagu, ia sempat melewati hal yang serupa, ada masa ketika kecintaan saya terhadap musik berkurang bahkan terhenti karena merantau untuk bekerja.

"Saya mencoba mencari kebahagiaan lewat kegiatan yang sedang marak saat itu, yaitu travelling. Setelah saya jalani, kesenangan itu ternyata tidak datang dari batin," ujar dia.

Ia menambahkan, sampai momen ketika ia kembali bermain musik lagi disekian tahun kemudian, dimana kesenangannya terasa berbeda. Disitu Nova baru bisa menerima arti kebahagiaan buat diri saya sendiri.


Pencarian kebahagiaan itu, dijelaskan Nova membutuhkan proses dimana dalam prosesnya sebisa mungkin menjadi orang yang terbuka, hingga akhirnya dapat menemukan apa yang sesuai dengan batik. Video musik untuk Phlegm Of A Girl juga akan tayang perdana pada Selasa (9/2/2021) di kanal YouTube Nova Abdillah.


Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes