KABAR gembira datang dari duo pop asal Semarang, Kamar Jiwa yang merilis album bertajuk Seperti Bumi secara digital. Dua lagu yakni Kita dan Seperti Bumi dipilih oleh band yang beranggotakan Fitrah Umami pada vokal dan gitar serta Fauzan pada drum sebagai single.

Konsep baru dihadirkan Kamar Jiwa, dimana warna dan aransemen yang lebih dewasa dan berkembang secara musikalitas dan lirik banyak disajikan dalam album ini, meskipun tanpa meninggalkan akar dan karakter dari Kamar Jiwa itu sendiri.

"Kami menyebut bahwa musik kami ini terdengar lebih luas, lebih pop, modern dan lebih kaya warna tapi tetap tidak meninggalkan ciri kami yang terdengar lebih idealis," kata Fitrah melalui press release yang diterima acarakita.net, Senin (11/1/2021) siang.

Menurutnya, bila dikomparasikan dengan semua rilis yang sebelumnya maka hanya ada satu kesamaan dari semua karya yakni lirik yang lugas, kuat dan mengalir apa adanya layaknya mendengarkan orang bercerita.

Disitu juga akan banyak dijumpai sound instrumen yang belum pernah terdengar sebelumnya semacam string organ, grand piano dan cello. Bebunyian yang dihadirkan tersebut membuat bagian lagu tersebut menjadi sangat ear catching, ditambah dengan video usik yang dibuat dengan minimalis dengan tone retro dan penggunaan bahasa tubuh.

Klip tersebut menggambarkan cerita sepasang orang asing ketika baru pertama kali bertemu, menjadi sepasang kekasih, mengalami masalah, lalu perlahan menjadi orang asing kembali, sesuai cerita dalam lirik lagu itu sendiri. Sebuah video musik yang sederhana namun sarat makna.

Tidak melulu menghadirkan hal yang retro dan klasih, nuansa kekinian juga banyak terdengar jelas pada beberapa lagu yang dihadirkan dengan banyak mengeksplor bunyi dari alat musik elektronik yang ditempatkan sesuai porsi, sederhana namun tepat sasaran dan tidak berlebihan, yang membuat musik mereka terkesan lebih berkembang dan dewasa.


Secara garis besar, album Seperti Bumi ini merupakan cara Kamar Jiwa dalam beradaptasi dengan pasar pendengar yang kekinian, tanpa menghilangkan orisinilitas dan karakter musik yang sudah melekat pada mereka, sekaligus sebagai pembuktian sebagai salah satu band asal Jawa Tengah yang produktif dalam berkarya, dengan menelurkan 5 rilisan dan total 31 lagu dalam kurun waktu dua tahun terakhir.