KENANG Kobe Bryant, Mad Madmen rilis lagu bertajuk Kobe pada Selasa (26/1/2021) di semua platform digital yang ada. Lagu tersebut ditulis oleh sang vokalis, Kalam Mahardhika sebagai bentuk penghormatan untuk legenda basket Amerika Serikat yang menjadi idolanya.

"Saya aktif menonton basket bersama ayah saya diawal 2000an dan banyak cerita tentang betapa hebatnya Michael Jordan, namun saya tumbuh menyaksikan Kobe Bryant dan saya kagum melihatnya bermain," kata Kalam Mahardhika.

Pada bagian lirik, Kalam mencoba menceritakan bagaimana kekagumannya saat menonton Kobe Bryant bermain. Mulai dari gaya khas tembakan fadeaway, mencetak 60 poin pada pertandingan profesional terakhirnya, hingga berbagai penghargaan yang sudah diterima olehnya.

Dilagu ini, Mad Madmen berkolaborasi dengan rapper cilik Angan DaHooman yang mewakili perspektif Kalam kecil, saat ia mengidolakan Kobe. Tak hanya Angan, Mad Madmen juga menggandeng Nino Bukir dari band Amalgama untuk mengisi bagian perkusi dan didgeridoo. Penambahan alat-alat musik ini dimaksudkan untuk memberikan kesan spesial saat penyebutan berbagai penghargaan Kobe Bryant.

Selain Angan DaHooman dan Nino Bukir, Mad Madmen kembali dibantu oleh suara dari Gracia Andrea di bagian chorus. Lagu ini dikerjakan di Great Wave Studios dengan Haruchika Setiadi sebagai teknisi rekaman, sekaligus mengerjakan mixing dan mastering dari lagu ini.


Kobe dirilis tepat setahun setelah kepergian Kobe Bryant, ia meninggal akibat kecelakaan helikopter yang juga merenggut nyawa putrinya, Gianna Maria Onore Bryant beserta tujuh orang lainnya.