SINGLE baru bertajuk Biarlah dirilis penyanyi muda Amanda Citra pada Jumat (20/11/2020) lalu yang merupakan komposisi dari pop dan R&B. Berbeda dengan lagunya yang lalu, kali ini Amanda menggarap Biarlah dengan taste dan aransemen yang belum pernah ia release sebelumnya.

Dalam produksinya, Amanda dibantu oleh Dila Sarah yang merupakan seorang produser & music arranger dari Jakarta. Amanda mengakui bahwa proses pengerjaan lagu ini sangat menarik karena ia menulis liriknya secara personal, dan ia menjadikan tulisan itu sebagai lagu yang menyemangati dirinya untuk tetap konsisten.

"Yang pasti harus berani melangkah maju ketika terdapat hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi, karena itu pula saya ingin berbagi semangat ini kepada pendengar," katanya melalui press release yang diterima acarakita.net, Jumat (4/12/2020) lalu.

Disamping proses penulisan lagu yang menarik, tetapi Amanda juga merasakan adanya tantangan dalam hal produksi musiknya. Dimana lagu tersebut diproduksi melalui jarak jauh secara online dari awal hingga akhir. Dari produksi musik, mixing mastering, sampai dengan pembuatan video klip yang dilakukan secara virtual yang dibantu oleh Rehuel Elfan menggunakan aplikasi Zoom.

Dalam proses rekaman, ia dibantu oleh Eugenius Arno di GDGH Recording sebaga vocal engineer. Setelahnya, proses mixing mastering dibantu oleh Elmo Ramadhan. Lagu yang ditulis sendiri oleh Amanda Citra ini juga merupakan lagu yang didedikasikan Amanda untuk para pendengarnya yang sedang mengalami masa-masa sulit dalam mengikhlaskan sesuatu.

Dilagu ini, Amanda menyampaikan beberapa pesan dan cerita untuk pendengarnya tentang bagaimana perjalanan seseorang untuk move on. Ia ingin menyampaikan self-love awareness yang terkadang orang lupa akan mencintai dirinya sendiri ketika sedang menjalani suatu hubungan.

Kemudian, dalam liriknya di bagian bridge, Amanda ingin mengingatkan kepada pendengarnya bahwa kekhawatiran atau perasaan sedih sangat wajar untuk dirasakan dan dialami, namun jangan lupa bahwa kekuatan yang membantu manusia bertahan dan tetap bergerak maju adalah harapan. Kemudian biarkan waktu yang bantu menyembuhkan.

Amanda berharap lagu ini dapat menjadi teman dan juga pengingat untuk para pendengarnya agar selalu percaya diri dan mencintai diri sendiri (self love) serta berani untuk melangkah kembali setelah merasa sedih. Semoga lagu ini juga dapat menjadi warna baru dalam industri musik Indonesia terutama untuk perjalanan musik Amanda Citra sendiri.