UNIT Deathcore asal Purwokerto, Eternal Desolator coba membuat sebuah reinterpretasi karya dari salah satu band asal Italy bernama Fleshgod Apocalypse yang berjudul The Violation. Project yang dikerjakan selama pandemi ini diakui menjadi sebuah selingan dan pertanda untuk produksi album kedua bagi Eternal Desolator yang telah menyelesaikan debut albumnya pada tahun 2019 lalu.

Sebagai sebuah portofolio dan keberlangsungan produktifitas yang sempat terhambat karena situasi, dalam project ini Eternal Desolator menggandeng salah satu vokalis wanita asal Purwokerto bernama Gita Aulia Prismawati yang memiliki segudang prestasi dalam beberapa kompetisi tarik suara skala lokal maupun nasional.

"Gita mengisi beberapa part clean vocal dengan nada yang cukup melengking," kata mereka melalui press release yang diterima acarakita.web.id, belum lama ini.

Lagu The Violation karya Fleshgod Apocalypse ini memiliki komposisi dentuman Deathmetal yang cepat dan nuansa orkestrasi ala italia yang cukup magis. Dalam proses produksinya, Eternal Desolator sedikit merombak komposisi lagu ini sesuai dengan karakter dan kapasitas mereka dalam bermusik.


Eternal Desolator menambahkan nuansa Breakdown ala deathcore dan sentuhan 'Aliencore' di beberapa part riff lagu dengan tidak menghilangkan esensi dari lagu aslinya. Project reinterpretasi ini resmi dirilis dalam bentuk music video pada 5 Agustus 2020 lalu di kanal YouTube Eternal Desolator.