SOUNDSYSTEM menjadi salah satu perangkat yang wajib ada untuk event yang membutuhkan suara keras seperti pertunjukan musik, pameran, gathering, seminar, hingga resepsi pernikahan. Bisa saja dalam event tersebut tidak disediakan soundsystem, tapi tentu saja event tersebut menjadi kurang terasa euforianya.

Karena itulah soundsystem diperlukan untuk menghidupkan suasana dari event yang terselenggara. Berikut ada beberapa ulasan yang diperuntukan bagi penyelenggara event memilih soundsystem untuk sebuah event.

Tentukan Jenis dan Venue Event
Dalam memilih soundsystem, harus disesuaikan dengan event yang akan dilangsungkan. Misalnya, untuk sebuah acara resepsi pernikahan, diperlukan sound system dengan daya yang besar dan alat musik yang sesuai dengan tema acara.

Pengecualian bagi Anda yang akan mengadakan acara seminar, maka daya sound system yang dibutuhkan sekitar 500-1000 watt saja. Venue indoor dan outdoor memiliki perbedaan dari segi kebutuhan sound system. 

Event outdoor tak hanya lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, adanya noise atau gangguan dari luar seperti suara teriakan, angin, dan lain-lain, tentunya memerlukan kebutuhan yang juga lebih besar daripada event indoor yang di dalam ruangan.

Membaca Riders
Masing-masing pengisi acara seperti MC/host, band, atau penyanyi biasanya memiliki standar tersendiri dalam menentukan perangkat soundsystem untuk acara mereka, atau istilahnya disebut Riders.

Hal tersebut harus dipenuhi oleh EO yang mengundang mereka sebagai pengisi acara. Pada umumnya Riders berisi tentang detail spesifikasi sound system yang akan digunakan pada saat acara berlangsung. Isinya terdiri dari stage plot, yaitu tata letak sound system sesuai permintaan pengisi acara.

Budget
Memilih sound system harus disesuaikan dengan anggaran budget yang sudah ditulis dalam proposal acara. Tidak jarang perhitungan untuk sewa sound system dihitung per 1000 watt.

Jika sudah berlangganan, vendor sound system bisa memberikan harga khusus. Tapi, Anda tetap harus menyesuaikan dengan riders yang sudah diberikan EO agar tidak terjadi kesalahan pada saat acara berlangsung.