Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ribuan Orang Berebut Durian di Festival Durian Bumi Soedirman #1

RIBUAN orang berkumpul jadi satu di Lapangan Dusun Sumingkir, Bantarbarang, Rembang, Purbalingga pada Minggu (26/11/2023) siang untuk gelara...

RIBUAN orang berkumpul jadi satu di Lapangan Dusun Sumingkir, Bantarbarang, Rembang, Purbalingga pada Minggu (26/11/2023) siang untuk gelaran Festival Durian Bumi Sudirman. Tersedianya ratusan durian gratis membuat festival durian pertama di Dusun Sumingkir ini diserbu ribuan orang dari berbagai sudut Kecamatan Rembang.

Selain adanya ratusan durian gratis untuk pengunjung, juga ada kontes durian lokal yang diikuti oleh 43 peserta dengan durian terbaiknya. Terdapat beberapa penilaian untuk kontes tersebut, yakni ketebalan kulit, rasa durian, tekstur daging, umami, dan keunikan bentuk durian.

Puluhan pedagang juga menggelar dagangan duriannya dengan berbagai pilihan, dan tentu saja harga yang lebih terjangkau. Serta berbagai olahan makanan berbahan utama durian.

Antusiasme warga terhadap festival durian ini sangat luar biasa, bahkan bisa membuat kemacetan yang cukup panjang demi datang kesini, dan itu jadi salah satu barometer kesuksesan acara dari segi kunjungan," kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi kepada wartawan.

Pihaknya sangat mengapresiasi festival tersebut dengan beberapa evaluasi yang perlu dilakukan untuk festival selanjutnya. Tiwi tidak menyangka adanya 300 hektar lebih perkebunan durian di Bantarbarang yang hasilnya sangat memuaskan.

Melalui festival ini, Tiwi berharap dapat jadi pemantik untuk kunjungan wisata dengan durian sebagai tujuan utamanya. Menurut dia, dengan adanya festival durian ini terdapat banyak sekali transaksi yang artinya perputaran ekonomi di Bantarbarang cukup baik hingga nantinya para petani durian dapat terus bersemangat guna mendapat hasil pertanian yang lebih baik lagi.

Menjelang akhir acara, ratusan durian yang telah dipersiapkan pihak penyelenggara diserbu pengunjung. Beberapa orang bahkan hingga naik ke gunungan durian untuk melepaskan durian dan dibagikan kepada orang dibawahnya. Saling berebut durian tersebut, tidak sedikit yang mengalami luka karena terkena kulit durian.