Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Mantra Vutura Telah Kembali Dalam Harmoni Roh dan Raga Lewat Karya Terbarunya

KARYA baru berjudul Kembali coba dihadirkan duo elektronika Mantra Vutura yang dapat diperdengarkan sejak Jumat (12/5/2023) di semua gerai m...


KARYA baru berjudul Kembali coba dihadirkan duo elektronika Mantra Vutura yang dapat diperdengarkan sejak Jumat (12/5/2023) di semua gerai musik digital. Kembali melanjutkan kontemplasi spiritual Mantra Vutura mengenai dinamika harmoni antara roh (iman) dan raga (cinta), tapi disini lebih mengambil pusaran narasi yang seyogyanya lebih ekspansif.

Ditulis oleh Mantra Vutura dan diproduseri oleh Enrico Octaviano, lagu berdurasi 3 menit 54 detik ini dikemas sebagai gita puja (hymn) yang dicirikan dengan dentuman perkusi analog dan distorsi vokal yang seolah-olah terdengar bagaikan gaung teriakan dari pojok jiwa Mantra Vutura.

Eksperimentasi musik elektronika yang menjadi ciri khas Mantra Vutura sedari album perdana mereka Solar Labyrinth pada 2017 silam kini beroleh melodi pop yang lebih kental sekaligus antemik. Mantra Vutura yang digawangi oleh Tristan Juliano dan Zakari Danubrata membeberkan bahwa Kembali akan menjadi lagu penutup untuk album baru mereka yang akan dirilis pada tahun 2023 ini.

Selain itu, Kembali juga terinspirasi dari Surah Al-Baqarah Ayat 285 (2:285 Quran) yang memuat kutipan bahwa 'kembali kepada-Nya menjadi akhir dari segala perjalanan'. Terlepas demikian, Mantra Vutura menyerahkan makna sesungguhnya dari lagu teranyar mereka ini ke telinga dan hati para pendengarnya.

Lagu ini bisa diartikan sebagai entah kita mengembalikan iman kita kepada Yang Mahakuasa atau kita kembali ke dalam cengkrama dan pelukan orang-orang yang mencintai kita," kata Tristan Juliano.

Untuk lagu ini, ia menambahkan bahwa Mantra Vutura tidak akan memaksakan makna yang spesifik. Pada akhirnya, semua orang bebas memaknai apa yang dimaksud sebagai 'kembali' dalam perjalanan hidup masing-masing. Kembali juga menjadi langkah kreativitas yang terbilang berani bagi Mantra Vutura.

Tidak lagi mengusung produksi elektronika sayap kiri yang cenderung kompleks dan temperamental, Kembali justru membawa Tristan Juliano dan Zakari Danubrata ke atmosfer sonik yang mengambil arus tengah serta dipoleskan dengan produksi vokal Zakari Danubrata yang lebih megah dari biasanya.

Ditambah lagi, bisa dikatakan bahwa Kembali merupakan kali pertama Mantra Vutura menggarap sesuatu yang bisa dikategorikan sebagai 'lagu penyemangat'. Dengan dirilisnya Kembali, penggemar setia Mantra Vutura tentunya semakin menantikan dan mengantisipasi lahirnya album terbaru duo elektronika di 2023 ini.

Mantra Vutura pun memberikan sedikit petunjuk bahwa, pada akhirnya lagu Tabir, aMakna, dan Kembali menjadi kepingan puzzle yang akan menciptakan potret yang lengkap begitu pendengarnya menyimak keseluruhan album mereka nanti. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan bahwa banyak pendengar akan terkejut dengan apa yang hendak dipersiapkan oleh Mantra Vutura nantinya.