Kolektif Gulung Tukar Adakan Proyek Residensi Seni Bersama Seniman dari Somerset, Inggris

PROYEK dengan tajuk The Trees & The Wires diadakan oleh Kolektif Gulung Tukar dengan menggandeng Ella Chedburn yang merupaka...

PROYEK dengan tajuk The Trees & The Wires diadakan oleh Kolektif Gulung Tukar dengan menggandeng Ella Chedburn yang merupakan seniman multi disiplin dari Somerset, Inggris. Proyek tersebut merupakan program residensi dan proyek seni yang akan mengelola mitos serta arsip tentang permasalahan lingkungan di Tulungagung sebagai situs spesifiknya.

Alam dan jaringan menjadi 2 kata kunci yang akan digali lebih lanjut dalam kerja seni budaya lintas disiplin. Ella Chedburn dipilih karena praktik artistik dan fokus isunya yang sejalan dengan gagasan proyek ini.

Karyanya yang memadukan fakta dan fiksi terinspirasi dari temuan ilmiah, teori, atau cerita rakyat. Hutan merupakan subjek yang berulang saat Ia menavigasi akar mistis kuno dalam kaitannya dengan sifat ilmiahnya," kata perwakilan Kolektif Gulung Tukar, Agustin melalui keterangan tertulisnya.

Selama bulan Maret hingga April 2023, lanjut dia, Ella akan melakukan proses residensi di Tulungagung, Indonesia. Dalam proyek ini, juga dikuratori oleh Benny Widyo yang merupakan seniman dan kurator yang tinggal di Tulungagung, Indonesia. 

Benny yang fokus pada beragam isu sosial, terutama kesetaraan dan aksesibilitas dipercaya distribusi akses dan pengetahuan adalah salah satu cara penting untuk membangun inklusivitas. Praktik artistiknya belakangan ini fokus pada pengelolaan lokalitas agar bisa terus berkembang dengan beragam kemungkinan di masa depan.

Bersama-sama akan melakukan riset, eksperimentasi, dan presentasi yang berkolaborasi dengan Gulung Tukar, kolektif multidisiplin dari Tulungagung.

Tulungagung memiliki sejarah panjang terkait pengelolaan bencana, terutama banjir, dan upaya-upaya tercatat dengan ragam sumber dan versi; tertulis dan tertutur; mistis dan sains, dalam memitigasi banjir. Cerita tentang Ringin Kurung (Penanaman 7 pohon) di pusat kota Tulungagung yang dirisalahkan sebagai salah satu cara yang membendung banjir akan menjadi titik berangkatnya.

Beragam kolaborasi akan sejalan dengan praktik artistik yang dilakukan oleh Ella & Gulung Tukar. Terdapat 7 output berupa karya dan program, yakni instalasi-elektronik, ilustrasi, 3D-animasi, arsip-fotografi, performance, penayangan film, dan sastra.

Terdapat juga penerbitan buku tentang catatan proses, esai, dan dokumentasi terkait proyek ini. Program ini didukung oleh British Council Connections Through Culture Programme.

Related

Latest 2887914936664827660

Follow Us

item