Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Kidung Nestapa Seorang Donne Maula Dilagu Menjadi Manusia

LAGU baru berjudul Menjadi Manusia coba dihadirkan Donne Maula, Jumat (21/10/2022) lalu. Usai peroleh nominasi sebagai pencipta lagu pop ter...


LAGU baru berjudul Menjadi Manusia coba dihadirkan Donne Maula, Jumat (21/10/2022) lalu. Usai peroleh nominasi sebagai pencipta lagu pop terbaik untuk karya Yura Yunita berjudul Tutur Batin pada ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022, Donne Maula mengisyaratkan bahwa Menjadi Manusia bukanlah karya musik pop biasa.

Tidak hanya menyingkapkan transisi kreatif, dilagu ini Donne Maula juga benar-benar menghayati jiwa yang sarat akan kerapuhan. Menjadi Manusia dikemas sebagai bentuk pengakuan diri olehnya yang kerap kali memendam tekanan mental, gerhana batin, dan awan kelabu di dalam sukmanya.

Diatas aransemen musik yang syahdu namun kelam, Donne Maula melantunkan kidung nestapa miliknya. Donne Maula mengungkapkan bahwa Menjadi Manusia adalah salah satu karya paling personal yang pernah digarapnya.

Terus terang saja, sesungguhnya saya masih merasa takut untuk merilis lagu Menjadi Manusia ini," kata Donne.

Karya ini, lanjut dia berakar dari sebuah peristiwa yang terjadi sekitar 2011 yang lalu dimana hati dan jiwanya terasa kebas dan mati suri. Tanpa disadari, ternyata selama ini ia selalu memendam nestapa yang cukup menyakitkan, hingga sulit menemukan kembali terang harapan didalam hidupnya.

Donne Maula pun memahami betul bahwa, demi menyampaikan pesannya, dibutuhkan produksi musik yang lain daripada yang lain. Alhasil, berbeda dengan karya-karya Donne sebelumnya, Menjadi Manusia terlahir menjadi balada yang turut memadukan elemen alternative-pop, chamber-folk, dan soft-rock.

Secara spesifik, disebutkan bahwa ia terinspirasi dari musik chamber Skotlandia dan ragam musik folk dari Afrika. Warna musik tersebut memancarkan semacam mantra magis yang menurutnya sangat cocok untuk narasi lirik yang sangat personal dilagu Menjadi Manusia.

Donne Maula memaklumi sekiranya audiens musik Indonesia akan merasa terkejut dengan karya terbarunya ini. Lagu tersebut bisa bisa dibilang merefleksikan gejolak dan kemelut yang ada didalam kepalanya, dan mungkin lagu tersebut bisa menjadi cermin bagi semua orang yang sedang berjuang melawan gejolak yang sama dab pada akhirnya, kita menjadi manusia ketika menolak untuk menyerah.

Yang tidak kalah penting juga, Donne Maula berharap Menjadi Manusia sanggup mematahkan stereotip kaum Adam yang seolah-olah dipaksa untuk senantiasa menjadi ksatria bermental baja.