Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Hadirkan Konsep Royalty Sharing Dalam Bentuk NFT Musik, Andien Angkat Cerita Kehidupan Lewat Single Percaya

PENYANYI cantik, Andien kembali dengan single baru berjudul Percaya yang dirilis Jumat (7/10/2022) lalu. Single tersebut bercerita mengenai ...


PENYANYI cantik, Andien kembali dengan single baru berjudul Percaya yang dirilis Jumat (7/10/2022) lalu. Single tersebut bercerita mengenai pentingnya rasa percaya, dan lagu ini menjadi spesial karena merupakan lagu pertama yang diciptakan sendiri oleh Andien baik musik dan liriknya.

Konsep lagu Percaya adalah menerima sisi rapuh sebagai seorang manusia dan percaya bahwa masalah, apapun bentuknya, memang harus dihadapi. 

Terkadang jalan yang tepat untuk menghadapi suatu masalah adalah dengan menerima, termasuk menerima bahwa kita sedang ada masalah dan tidak baik-baik saja. Dengan kita bisa bertahan sampai sejauh ini juga sudah hebat," kata Andien.

Jadi, lanjut dia, percaya saja kalau pada saatnya, semua akan jadi lebih baik. Mungkin bukan sekarang, tapi suatu hari itu pasti.

Andien ingin menyampaikan ke pendengar bahwa berani menerima masalah dan tetap percaya adalah dua kunci untuk menjalani hidup. Dengan lirik lagu yang sudah sarat makna, Andien menginginkan melodi dan aransemen lagu Percaya ikut menyentuh hati pendengar.

Andien memilih Ali Akbar Sugiri sebagai music director yang membantu Andien menyampaikan pesan lagu lewat bahasa aransemen musik. Ali Akbar Sugiri memasukkan unsur choir dan piano untuk menambah kesan syahdu lagu ini.

Video musik lagu Percaya dibuat dengan sentuhan konsep dokumenter dan bekerja sama dengan Anatman Pictures, sebuah production house dokumenter yang peduli dengan isu lingkungan dan sosial.

Founder Anatman Pictures, Mahatma Putra mengaku tidak percaya saat pertama kali diajak Andien berkolaborasi membuat video musik Percaya. Saat mengetahui konsep yang diinginkan, dirasa sangat klop dengan visi dan jiwa Anatman dimana kritik sosial terbesar Anatman yakni terhadap diri sendiri dalam hubungannya dengan lingkungan dan sosial.

Bahwa hal kecil yang kita semua lakukan dalam kehidupan sehari-hari, punya dampak kolektif yang masif. Lewat lagu ini kita diajak kembali untuk merenung dan bersyukur, dalam untung dan malang," kata Mahatma Putra.

Subyek-subyek di video klip dokumenter ini, lanjut dia penuh insight sederhana yang sangat bijaksana dalam menerima kepastian hidup, bahwa segalanya berubah. Menurut dia, hari baik dan hari buruk akan selalu datang, yang dapat dilakukan hanya bersyukur menyambut perubahan-perubahan itu.

Dalam video musik kita dapat saksikan Andien berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya membawa bunga mawar dengan mata tertutup. Di sebelah Andien terdapat tulisan 'Aku percaya kamu. Kamu percaya kamu?'.

Andien menawarkan pertanyaan reflektif bagi orang yang membacanya untuk memperkuat pesan lagu Percaya. Hal menarik lain yang dipersembahkan Andien melalui lagu Percaya adalah kehadiran lagu Percaya dalam bentuk musik NFT (non-fungible token).

Andien bekerja sama dengan Netra Music sebagai platform royalty sharing NFT, dimana seluruh pemegang NFT lagu Percaya akan mendapatkan royalti dari keuntungan stream lagu ini.

Founder dari Netra Music, Bryan Blanc mengatakan bahwabAndien telah memberikan kesempatan yang sangat spesial bagi semua dengan menghadirkan lagu Percaya dalam bentuk NFT.

Sejak awal, Netra Music ingin supaya fans dan artis bisa semakin dekat dan dapat tumbuh bersama," kata dia.

Pihaknya percaya bahwa web3 dan NFT merupakan the next big thing di dunia musik, dan tidak ingin musisi dan fans tanah air ketinggalan. Sebagai pionir, Netra Music bahkan berkomitmen untuk menjadi jembatan tersebut, mengedukasi dan memudahkan publik untuk masuk ke dunia web3.

Sebagian keuntungan yang didapatkan dari penjualan NFT music lagu Percaya akan digunakan untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak pemulung di kampung pemulung Jakarta Selatan. Kegiatan sosial ini dijalankan Andien bersama Nara Kreatif sebagai wujud komitmen Andien terhadap proyek lagu Percaya yang punya makna besar baginya.