Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Warna Baru Single Anyar Asta Kiri yang Berjudul Kawone Era Sumungah

RANGKAIAN perjalanan menuju debut mini album, rapper asal Purwokerto bernama Asta Kiri terlebih dahulu merilis single berjudul Kawone Era Su...


RANGKAIAN perjalanan menuju debut mini album, rapper asal Purwokerto bernama Asta Kiri terlebih dahulu merilis single berjudul Kawone Era Sumungah. Cerita tentang era kalahnya penyampai hal kebaikan atau amalan terhadap orang yang tidak tahu, merupakan arti dari single tersebut.

Asta Kiri membawa warna baru pada single ini setelah kurang lebih satu tahun berlalu pasca single terakhirnya yang berjudul Dua Puluh Sembilan pada akhir 2021. Kembali ke roots menjadi istilah yang ia gunakan, dengan mengkolaborasikan beberapa unsur hip hop serta beberapa unsur instrumen Jawa seperti Gending.

Kawone Era Sumungah dirilis dalam format video musik yang dikerjakan bersama Saba Studio dan Doper Records. Pengembangan arti dari Kawone Era Sumungah tersebut kemudian terbentuk narasi yang berakar kepada seorang pengidap Dissociative Identity Disorder.


Menggunakan proyeksi tiga karakter, pengidap tersebut ingin menyampaikan suatu amalan kepada orang bebal dan ngeyel, yang ia sebut Jumawa. Video musik tersebut ditulis oleh Asta Kiri dengan dibantu oleh Farobi Fatkhurridho (Project Director Saba Studio) sebagai sutradara pada penggarapan video musik tersebut.

Untuk proses produksi video berlangsung selama dua hari dengan bantuan tim produksi dari Saba Studio dan dibantu oleh Emby Novenda dari Ngalembana," kata Asta.

Selain itu, lanjut dia video musiknya juga mendapat banyak bantuan dari teman-teman Purwokerto Skateboarding, Teater Teksas, serta yang menjadi highlight pada visual video musik ini yaitu Laatifahpm yang berperan sebagai penari tradisional dan Rizal Satria Breakin, seorang pegiat B-Boy.

Secara musikal, Kawone Era Sumungah dibuat lebih kompleks dari lagu-lagu Asta Kiri sebelumnya. Unsur trap yang terbilang baru juga tersemat, berbeda dengan rilisan sebelumnya yaitu Dua Puluh Sembilan, lagu ini lebih didominasi oleh instrumen Jawa dan suara sinden.

Sebelum single Kawone Era Sumungah diriliƟ secara resmi di berbagai kanal digital, Asta Kiri terlebih dahulu merilis video musik tersebut melalui kanal YouTube DOPER Official.