Dua Puluh Peserta Tampil Di Lomba Dagelan Banyumasan Peang Penjol


SEBANYAK 20 peserta lolos dan tampil dalam lomba dagelan Banyumasan 'Peang Penjol' di Gedung Kesenian Soetedja Purwokerto, Sabtu (13/08/2022) lalu. Peserta tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banyumas baik dari usia anak-anak hingga usia yang tidak lagi muda.

Semua tampil dengan alur cerita masing-masing dengan tema seputaran Banyumas yang sedang marak. Sebut saja tema berbagai perlombaan yang sedang digalangkan pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka sambut perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 oleh duo Baso Sapi sebagai penampil kesepuluh.

Sengaja pilih tema itu yang menurut kami itu mudah dan sedang dialami, jadi kalau sudah lewat Agustusan berarti itu sudah tidak relevan," kata salah satu anggota Baso Sapi, Braham.

Meski tema yang dipilih seputar lomba yang sedang dikerjakan, lanjut dia alur cerita yang dibawakan spontan saja dan tidak diskenario secara tertulis. Pihaknya menyebutkan bila diskenario justru nantinya malah bisa jadi tidak lucu.

Selain Baso Sapi, kontestan lain yang mengikuti lomba dagelan Banyumasan 'Peang Penjol' yakni Dablongan, Duo Bleketir, Kisubar, Wonge Dewek, Randa Kirab Banyumasan, Dolanan Koena, Omah Nguyu TV, Nayakrama, Sri Rejeki, Amin Susilo, Santri Alit, Mendoan, Bolem, Guplak, Mamakable, Grup, Jede Adventure, Sudimara, Kanjat TV, dan Galagantongan.

Pemenang akan diumumkan pada puncak perayaan Agustusan di Menara Teratai Kabupaten Banyumas. Meski begitu, kesemua peserta sudah mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

Salah satu juri lomba dagelan Banyumasan, Jarot menyebutkan bahwa lomba ini dimaksudkan untuk meregenerasi talenta dagelan di Kabupaten Banyumas yang pernah berjaya dengan hadirnya talenta seperti Darto Helm, Peang Penjol dan Suliyah, serta beberapa talenta lain.

Ia berharap dengan adanya lomba ini, muncul bibit-bibit baru talenta dari Kabupaten Banyumas yang syukur nantinya bisa ke nasional dan bahkan internasional.


Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes