SETELAH sempat vakum selama 4 tahun lamanya, gelaran musik jazz bertajuk Baturraden Jazz Festival (Baturrajazz) akhirnya kembali digelar Sabtu (11/6/2022) malam lalu di Bukit Bintang Baturraden. Acara tersebut juga dibarengi dengan soft launching tempat pertunjukan dome setelah sekian waktu dipugar.

Ada kesibukan ditambah dengan pandemi yang terjadi membuat acara Baturrajazz sempat tertunda, dan karena semangat dari pemuda pemudi disini akhirnya kembali terlaksana pada 2022 ini," kata pegiat Baturrajazz, Slamet Prayitno.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, lanjut dia Baturrajazz 2022 dilaksanakan dengan mengusung tema Eling Eling Sapa Eling Balia Nge-jazz. Tiket VIP seharga Rp 100.000 untuk presale dan Rp 150.000 pun habis terjual sebelum acara dimulai dan hanya tersisa tiket reguler seharga Rp 75.000 saja.

Jalannya Acara
Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 waktu setempat diawali dengan penampilan Six String yang terdiri dari Gendhit, Langthiep, Adie Unyiel, dan Bayu mempertunjukan 4 musik instrumental. Selanjutnya ada penampilan dari Tiga Bass yang terdiri dari Yokie, Kiki Bassman, dan Yusak juga dengan 4 musik instrumental.


Udara dingin Baturraden sesaat menjadi hangat ketika solois asal Purwokerto, Assalova tampil membawakan beberapa lagu ciptaan sendiri yang ada di album Romansa yang sudah dirilis beberapa waktu lalu.

Musisi jazz asal Purwokerto lainnya yang tampil di Baturrajazz 2022 adalah Melati Ayumi yang berkolaborasi dengan sejumlah musisi asal Yogyakarta serta Nanda Gultom dari Semarang. Ayumi yang merupakan penyanyi dan penulis lagu yang mengusung aliran kontemporer etnik itu membawakan sejumlah lagu yang mampu membuat penonton terhipnotis dengan penampilannya.

Sementara saat Ayumi memberi kesempatan untuk menyanyi, Nanda Gultom pun mengajak penonton untuk bersama-sama menyanyikan salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Tulus, yakni Hati-Hati di Jalan. Sontak saja, lagu yang tengah menjadi hits tersebut diikuti alunan latar penonton.

Afton Brewok dan Citra yang dipercaya menjadi master of ceremonial (mc) pun berhasil mencairkan suasana diantara jeda para penampil. Berbagai gimik berhasil disampaikan mereka berdua, dan saat ditanya siapa yang ingin dipanggil untuk gelaran selanjutnya pun mendapat banyak respon dari penonton.

Suasana makin hangat ketika grup band asal Yogyakarta, Taksu tampil memukau berkat hentakan drum yang ditabuh oleh seorang perempuan bernama Leca, dan sejumlah lagu yang disuguhkan Taksu. Pergelaran Baturrajazz 2022 diakhiri dengan penampilan Jagarta yang membawakan sejumlah lagu lawas seperti Tersiksa Lagi, Sesaat Kau Hadir, Sekali Ini Saja, dan Pergilah Kasih.

Pukul 11.30 waktu setempat pertunjukan berakhir dengan berbagai ekspresi bahagia penonton yang ditunjukan dengan berbagai aktifitas didepan panggung sebelum Jagarta mengakhiri pertunjukan.





Share To:

acarakita

Post A Comment: