Konsistensi Santet Selama 25 Tahun Dirayakan Dengan Album Spirits of Mysticism Kin666dom


KONSISTENSI unit Javanese Black Metal bernama Santet sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, hal tersebut dibuktikan dengan 25 tahun eksistensi mereka di skena musik underground tanah air. Perayaan 25 tahun yang mereka sebut dengan hellversity dibarengi dengan dirilisnya album penuh ke-10 Santet bernama Spirits of Mysticism Kin666dom.

Tampilan berbeda yang ditunjukan Budi Buwono atau yang akrab disapa Butet cukup menarik perhatian, yakni tanpa kostum leak yang sebelumnya seakan menjadi identitas Santet, dan untuk tampilan kali ini hanya mengenakan kerudung hitam.

Saya ingin tampilan berbeda, karena untuk sebelumnya sudah banyak ditiru dan saya ingin identitas baru dengan karakter musik yang sama," kata Butet kepada acarakita.net usai tampil di launching album, Minggu (20/2/2022) siang.

Tampil hanya dengan dua lagu, Santet ingin dalam launching yang digelar oleh Voicehell dan Black Ustadz Records benar-benar memperkenalkan album barunya tersebut. Tidak hanya Santet yang tampil dalam gelaran yang juga sebagai road to Baturraden Metal Fest ini, mereka adalah Burning Dog, Eternal Desolator, Discourteous, Firecrackers, Bumble Bee, LDX3, Sari Sarin, Bastard Boys, dan Fatal Insident.

Terkait album barunya, Butet menjelaskan bahwa benang merah dari album tersebut masih berkisah tentang Jawa Tengah pada umumnya dan Banyumas pada khususnya. Ia menyebutkan, beberapa lokasi di Gunung Slamet, Jawa Tengah menyimpan mitos tersendiri yang sangat layak untuk diangkat.

Kalau di Jawa Barat ada beberapa band yang mengangkat kearifan lokal sana dengan segala mitos yang ada, kenapa kita yang memang menyimpan banyak potensi tidak melakukan hal serupa? bukan ikut-ikutan, tapi lebih mengangkat apa yang ada disini," ujar dia.

Beberapa lagu seperti Geger Wedus Gembel, Rawuh, Kidung Keramat II, Samarantu, Telaga Sunyi, Curse of Baturraden, dan Rogosemangsang menjadi sederet track yang ada di album ke-10 Santet ini yang banyak berkisah tentang mitos yang ada di Gunung Slamet dan juga Banyumas. Selain itu juga ada 3 lagu covers yang patut untuk menjadi referensi metalhead jagad raya.

Butet berharap album ke-10 ini dapat menjadi penyemangat band lain untuk dapat terus konsisten melahirkan album, dibarengi dengan gigs nyata sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang sudah dirilisnya tersebut.



Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes