MENERUSKAN semangat berkarya ditahun ke-27 sejak terbentuk di 1994, Base Jam hadirkan single bertema religi berjudul Kusambut Ramadhan. Lagu tersebut tercipta sejak 2013 oleh gitaris Base Jam, Aris dan bekerjasama dengan penyanyi serta tokoh senior Rano Karno yang menciptakan syair lagu.

"Musik dan nada lagu ini terinspirasi dari puisi Rano Karno yang saat itu ia ditengah kesibukannya sebagai gubernur Banten mempunyai ide untuk membuat album bertema Ramadhan," kata Aris.

Passion yang Rano Karno miliki tak terbantahkan, setelah membaca puisi seperti mengalir saja notasi lagunya. Memasuki 2021, lanjut Aris, merasa termotivasi untuk terus memberikan semangat positif dan menyebarkan energi baik kepada semua setelah melewati masa berat pandemi dan saat ini memasuki masa adaptasi yang penuh harapan.

Ketika semua mereview kembali repertoire lagu yang dimiliki, masing-masing personil merasa lagu tersebut sangat cocok untuk dibawakan dan aransemen ulang sesuai dengan gaya formasi Base Jam saat ini. Musik yang membalut lagu Kusambut Ramadhan dibuat easy listening namun tetap memberikan nuansa syahdu seperti setiap kali sambut bulan suci Ramadhan.


Menurut vokalis Base Jam, Sigit, lirik dari Kusambut Ramadhan terdengar sederhana dan tidak puitis namun tetap memiliki makna yang dalam. Harapan yang disematkan dalam doa setiap musik dimana Base Jam sendiri berharap lagu ini dapat menjadi teman dalam menyambut dan menjalani bulan penuh berkah.

Ada pesan yang tetap ingin disampaikan, yakni pesan kerukunan antar umat beragama dan tanpa memandang perbedaan dalam bentuk apapun, bahwa pesan positif yang terkandung dalam bulan Ramadhan dapat dirasakan oleh semua orang. Tema yang pertama kali dibawakan Base Jam ini juga diharapkan dapat meninggalkan kesan yang baik untuk para pendengar.

Single baru Base Jam, Kusambut Ramadhan sudah dapat dinikmati di seluruh radio-radio Indonesia, semua Digital Music Platform dan video liriknya dapat ditonton di kanal Youtube Base Jam Official.