SATU lagu band Purwokerto yang merilis album, yakni Viral Damage yang secara resmi merilis full album mereka pada Selasa (20/10/2020) malam di Warung 71 Purwokerto. Album bertajuk Hymne Kehancuran ini mengalami proses yang sangat panjang hingga akhirnya dapat tersuguhkan 10 track garang yang dapat dinikmati masih secara terbatas.

Berbeda dengan pegiat musik lain yang merilis albumnya dengan hingar bingar, Viral Damage sengaja membuat konsep hanya dengan sesi mendengarkan dan berbincang mengenai album tersebut hingga membedah satu persatu track yang dihadirkan dengan Anunk Soemargo sebagai pemantik.

Proses secara do it yourself yang disuguhkan Viral Damage dalam album perdananya ini, dan benar saja dari proses rekaman hingga pendistribusian dilakukan sendiri. Yang istimewa dari Viral Damage ini adalah packaging yang dihadirkan dengan sangat maksimal dan exclusive.

"Kami tidak ingin hanya sekedar merilis album, tapi ada kenangan dan karena itulah untuk packaging sendiri kami buat maksimal," kata vokalis Viral Damage, Em Fayzhal kepada acarakita.net belum lama ini.

Dalam perilisannya tersebut, puluhan metalhead dan berbagai lintas komunitas turut hadir memberi dukungan dan tidak sedikit pula yang langsung membeli rilisan fisik dengan berbagai bundling yang diberikan.

Untuk pemilihan nama album, dalam sesi perbincangan dijelaskan Em Fayzhal tidak ada pesan khusus yang ingin disampaikan. Ia menyebutkan bahwa nama tersebut sebagai respon akan kondisi yang saat ini terjadi, dan menurutnya apa yang sudah go public berarti membebaskan publik untuk menjelaskan sendiri pesan apa yang ingin disampaikan.

Hymne Kehancuran juga disepakati mereka bahwa semuanya akan mengalami kehancuran, selanjutnya tinggal bagaimana kita menyikapi bagaimana untuk menghadapi kehancuran tersebut. Album yang mengalami kendala perilisan dengan tertunda dari 2016 ini akhirnya mencapai klimaks pada 2020 yang tidak dipungkiri untuk album selanjutnya.

Bagi yang ingin memperoleh rilisan fisik dari Viral Damage ini dapat langsung berkomunikasi dengan mereka melalui akun instagram @vrldmg dan dalam waktu dekat, album tersebut sudah dapat diperoleh melalui platform digital yang ada.