MENYUSUL dua single sebelumnya, Kotak kembali rilis Teman Palsu pada Jumat (21/8/2020) lalu. Single tersebut menjadi andalan dari album yang akan dirilis September 2020 mendatang bertajuk Identitas dan sebagai single ketiga, Teman Palsu dianggap memberikan warna yang berbeda dari rangkaian Identitas lainnya.

Bila single pertama lalu dikemas dalam bentuk hard rock yang kencang, dan single kedua disampaikan melalui alternative rock yang 'adem'. Single ketiga ini berfokus pada musik rock yang nge'beat. Dinamika ini menjadi kekhasan Kotak juga ketika di panggung ada vibes yang kencang, santai dan tenang, kemudian nge'beat.


Disingle ini, Chua sang bassis tidak hanya berkontribusi lewat instrumennya, tapi juga menyumbang rap dan ide tersebut muncul seketika setelah rekaman Teman Palsu. Dengan rapping dari Chua ini, Teman Palsu makin terkemas unik serta menunjukkan seberapa dinamisnya musik Kotak di Identitas.

"Single ini terinspirasi dari kisah nyata di lingkungan kami dan proses rekaman dilakukan di Yogyakarta tanpa brainstorming yang memakan waktu," kata mereka melalui press release yang diterima acarakita.web.id, Jumat (21/8/2020) siang.

Secara umum, single ini berkisah soal pengkhianatan, yang diawali dari kebohongan kecil, yang dilestarikan, kemudian bisa berdampak besar ke relationship seseorang. Tidak hanya membicarakan soal romantic relationship, tapi juga soal hubungan pertemanan.