SEBAGAI langkah awal untuk menyambut new normal, Meotel Purwokerto by Dafam menyiapkan standard operational procedure (SOP) dan protokol kesehatan. Kesiapan tersebut juga diberlakukan pada seluruh jaringan Dafam Hotel Management (DHM) di seluruh Indonesia.

Langkah yang ditempuh Meotel Purwokerto by Dafam tersebut juga sebagai hotel pertama yang menerapkan protokoler kesehatan di Kabupaten Banyumas yang sudah siap menyambut new normal tersebut. Persiapan tersebut bahkan sudah diterapkan pihak Meotel Purwokerto by Dafam sebelum ada rencana kebijakan new normal dari pemerintah.

General Manager Meotel Purwokerto by Dafam, Andre H Binawan mengatakan bahwa keberihan, kesehatan, dan keamanan merupakan aspek utama yang sangat diutamakan dalam SOP the new normal. Setelah adanya kebijakan new normal dari pemerintah, pihaknya menerapkan SOP protokol kesehatan untuk karyawan dengan sangat ketat dan disiplin.

"Tujuannya supaya seluruh staff hotel memiliki standard higienitas yang tinggi dan para tamu merasa aman dan nyaman untuk menginap serta melakukan kegiatan diseluruh bagian dan area hotel," katanya.

Setiap divisi, lanjut dia bahkan sudah dipersiapkan untuk menyambut new normal seperti resepsionis wajib untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) dan mewajibkan tamu untuk jaga jarak serta memakai hand sanitizer saat akan check in serta dicek suhu tubuhnya.

Apabila tamu tidak mengenakan masker, maka resepsionis wajib memberikan masker kepada tamu dan itu diberikan secara gratis. Sebelum memasuki lobby, tamu diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu diluar karena hotel sudah menyiapkan tempat untuk tamu mencuci tangan.

Untuk divisi Food and Beverage pun wajib diberlakukan untuk memakai APD lengkap yang bertujuan agar tamu tetap merasa aman dan nyaman untuk menikmati sajian dan pelayanan di Meotel Purwokerto. Untuk divisi Housekeeping pun memakai APD lengkap dan menyemprotkan disinfektan pada kamar ketika tamu check out.

Dari ketiga divisi diatas ada beberapa divisi lain seperti accounting, sales and marketing, engineering, karyawan spa dan security sudah wajib menggunakan APD lengkap sebelum memasuki area hotel. Pengecekan suhu tubuh bagi karyawan dilakukan wajib bagi setiap karyawan akan memasuki hotel dan keluar dari hotel.

Kemudian penyemprotan disinfektan dilakukan setiap 2 minggu sekali untuk menjaga kebersihan hotel. Setelah new normal, bagi yang akan mengadakan acara pun sudah dipersiapkan hand sanitizer dan set up dengan menjaga jarak. Kamar juga sudah include benefit dengan menyediakan masker, sarung tangan dan hand Sanitizer di dalam kamar.