DUA ajang pameran otomotif yakni Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020 dan  Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020 akhirnya diputuskan ditunda sementara waktu. Langkah ini dilakukan seiring terus merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

IIMS 2020 yang sedianya akan digelar pada 9 - 19 April 2020 mendatang di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta akan ditangguhkan hingga situasi kembali kondusif. Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh selaku promotor mengatakan, IIMS Makassar pada 15 - 19 April juga ditunda dengan pertimbangan yang sama.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk penyelenggaran pameran berikutnya. Menurutnya, perkembangan virus covid-19 terus meningkat dengan jumlah pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah. Sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote juga menjadi pertimbangan perusahaan menunda acara tahunan tersebut.

"Kami yakin penundaan adalah langkah bijak dan terbaik dalam kondisi sulit saat ini  dan mencegah risiko penyebaran virus," kata Hendra melalui siaran pers, Selasa (17/3/2020) lalu.

Kendati demikian, ia berharap agar situasi bisa berangsur pulih, sehingga kegiatan bisnis dan pameran bisa segera normal kembali. Padahal, kata dia jutaan orang bergantung nasibnya dari industri otomotif dan segala industri dan bisnis turunannya.

Sebelum IIMS 2020, wabah corona juga sempat menyebabakan event tahunan pameran furnitur International Furniture Expo (IFEX) 2020 yang ditangani Dyandra yang seharusnya dilaksanakan 12-15 Maret 2020 ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

GIIAS Surabaya
Pameran otomotif lain, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020 juga ditunda sampai wkatu yang belum ditentukan untuk mencegah penyebaran wabah corona. Gelaran otomotif tahunan tersebut semula dijadwalkan pada 20-29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya.

Selain di Surabaya, Gaikindo juga rencananya menggelar pameran GIIAS di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Namun, untuk pameran di Tangerang, Yohannes mengatakan kemungkinan masih akan berlangsung sesuai jadwal 7 hingga 17 Agustus 2020.

Meski begitu, pihaknya akan mengikuti perkembangan dari virus corona dalam mempertimbangkan pelaksanaan GIIAS. Hingga Senin (17/3/2020) lalu, pemerintah mengumumkan kasus baru positif virus corona Covid-19 sebanyak 17 pasien. Dengan tambahan ini, maka jumlah pasien virus corona di Indonesia mencapai 134 orang.