SETELAH sekian lama tidak menggelar pertunjukan musik, Shaollin Music Cilacap akhirnya kembali menggelar acara bertajuk Kembali Berkarya dengan menghadirkan Fourtwnty sebagai bintang tamu utama pada Minggu (16/2/2020) lalu di Sentul Hall yang berada di Jalan Gatot Subroto, Cilacap.

Nama acara Kembali Berkarya sendiri memang menunjukan bahwa ini menjadi awal mula kembalinya Shaollin Music berkarya melalui sebuah pertunjukan yang sebelumnya menjadi agenda rutin hampir setiap bulan. Pemilihan tempat di Sentul Hall juga bukan tanpa alasan, mengingat banyak pula Fourtwnty Society (fans Fourtwnty, red) perempuan untuk di daerah Cilacap dan sekitarnya.

"Kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dalam setiap pertunjukan musik yang diselenggarakan. Sekian lama tidak turut andil dalam penyelenggaraan musik, kali ini kami ingin kembali berperan dalam perkembangan musik di Cilacap pada khususnya," kata pemilik Shaollin Music, Santo belum lama ini.

Fourtwnty sendiri untuk saat ini menjadi salah satu dari sekian banyak band Indonesia yang punya kualitas dengan basis massa cukup banyak, dan karena itulah Santo bersama Shaollin Music ingin menghadirkannya untuk pertama kali di Cilacap.

Tidak hanya menghadirkan musik dengan Fourtwnty sebagai bintang tamu, karena di venue juga terdapat beberapa stand mulai dari minuman, makanan, vape, hingga official merchandise dari Fourtwnty dihadirkan. Harapannya, jelas para pengunjung tidak jenuh hanya menikmati musik.





Jalannya Acara
Sekitar pukul 19.00 waktu setempat band pertama tampil dimana open gate sudah dimulai satu jam sebelumnya yang dibuka oleh Valent Fun dan Ayu sebagai master of ceremony (MC) diacara tersebut. Yakni KTP yang didaulat dan bertanggung jawab akan pertunjukan pertama di panggung yang sudah dipersiapkan.

Kurang lebih 20 menit dari KTP naik panggung hingga turun panggung dengan beberapa lagu hits masa kini seperti Man Upon The Hill milik Stars and Rabbit, serta beberapa lagu lain yang tidak asing bagi telinga penonton yang sudah rela hadir membeli tiket.

Tidak menunggu waktu lama, Option melanjutkan pertunjukan sebagai band kedua tetap dengan cover milik band-band tanah air dan mancanegara. Kemudian Empati dan Illusion juga tidak kalah menarik sebagai band ketiga dan keempat juga dengan beberapa cover.

Band pembuka terakhir sebelum penampilan dari Fourtwnty adalah Eleven yang juga membawakan lagu dari band Indonesia yang sebelumnya sudah hits. Tapi sebelum tampilnya Eleven, Valent memberikan gimick kepada penonton yang hadir untuk membuat postingan maupun story di instagram dengan hastag yang sudah ditentukan dimana pemenangnya berkesempatan bertemu serta berfoto dengan personil Fourtwnty.

Pada lagu ketiga, pemenang diumumkan dan benar saja dari ketiga pemenang yang ada dapat langsung bertemu dengan idolanya meski tidak lama, karena sesaat lagi Fourtwnty akan naik panggung.

Akhirnya tibalah yang ditunggu, Nui sang pemain gitar Fourtwnty terlebih dahulu naik panggung dan langsung disambut teriakan histeris penonton. Tidak lama, giliran Ari Lesmana naik panggung dan kedua personil seperti biasa untuk melepaskan alas kaki yang dipakai.

Beberapa lagu hits dibawakan Fourtwnty seperti Fana Merah Jambu, Zona Nyaman, Hitam Putih, Indonesia Pusaka, serta sebuah lagu milik Noah.

"Saat ini kita lagi senang sekali bawakan lagunya Noah, iseng saja tapi sepertinya lagu mereka memang istimewa sekali," kata Nui saat ditemui acarakita.web.id usai pertunjukan.

Seperti pertunjukan Fourtwnty disetiap panggung saat bawakan lagu Indonesia Pusaka, bendera merah putih selalu dikibarkan yang menambah kesakralan dari lagu tersebut. Ditambah dengan melarangnya Ari Lesmana kepada penonton untuk memainkan atau memegang handphone saat lagu itu dibawakan, hal tersebut membuat crowd menjadi layaknya penonton menyaksikan konser dengan bernyanyi.

Sekitar pukul 22.15 waktu setempat pertunjukan Fourtwnty berarkhir dan tentu saja menyisakan banyak sekali cerita yang sayang bila dilewatkan. Salah satunya, tidak sedikit dari beberapa penonton yang nekat masuk ke backstage untuk sekedar berfoto dengan personil Fourtwnty yang tentu saja disambut dengan hangat namun usai Ari Lesmana dan Nui beristirahat sesaat.






Dan satu persatu, penonton membubarkan diri meninggalkan Sentul Hall yang mulai rintik-rintik hujan. Setelah berakhirnya pertunjukan bertajuk Kembali Berkarya ini, dipastikan akan ada lagi berbagai event yang akan diadakan Shaollin Music Cilacap dan pastinya akan terus melibatkan acarakita.web.id sebagai media terpercaya memberitakan berbagai event.

articles : Lij Imam Nurrokhman
photos : Febyan D Lesmana