PEMANDANGAN berbeda ada di halaman depan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto pada Sabtu (23/11/2019) malam lalu dengan adanya gelaran Diesnatalis ke-57 tahun dan menghadirkan Dhyo Haw sebagai bintang tamu. Meskipun sempat hujan, ternyata tidak membuat audience yang sebagian besar anak muda pecinta reggae enggan meninggalkan crowd panggung.

Dhyo Haw yang pada performa kali ini merupakan kali pertama ke Purwokerto merasa bangga, karena selama ini hanya mendengar atmosfer reggae di Purwokerto hanya dari musisi lain. "Ini pertama kalinya saya ke Purwokerto dan ternyata memang pecah, karena selama ini hanya mendengar dari yang lain," katanya kepada acarakita.web.id sebelum tampil.

Hujan yang turun membuat jam tampil Dhyo Haw mundur hampir 30 menit, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat penonton untuk berdansa hingga akhir. Tampil sekitar pukul 22.00 waktu setempat ditengah gerimis yang masih turun disekitaran IAIN Purwokerto tetap membuat Dhyo Haw juga bersemangat, ditambah dengan antusias penonton yang sudah menunggu sedari sore.

Dimulai dengan lagu So Much Trouble in the World milik Bob Marley, Dhyo Haw menjelaskan banyaknya masalah di dunia ini yang belum terselesaikan. Penonton mulai bergoyang mengikuti alunan musik yang dibawakan dan beberapa turut serta bernyanyi mengikuti lagu.

Tanpa menunggu waktu lama, Always Positive dan Cantik Tak Menarik menjadi setlist lagu selanjutnya yang membuat hampir semua penonton ikut bernyanyi. "Lagu ini merupakan bagian dari nama anak saya, selamat menikmati," kata Dhyo Haw dari atas panggung sambil melanjutkan lagu berjudul Jingga dilanjutkan lagu Sekeras Batu.

Banyak hal disampaikan Dhyo Haw mengingat saat ini antusias terhadap musik reggae tidak seperti beberapa tahun lalu, namun performanya kali ini tetap banyak dihadiri pecinta musik reggae dan banyak dari mereka hafal lagu-lagunya.

Selamat Senja, Tetap Tersenyum Kawan, serta Jarak Dan Kita menjadi daftar lagu ditengah pertunjukan saat hujan sudah reda. Yang banyak ditunggu akhirnya dibawakan, Cepu dan penonton mulai teriak histeris menikmati sambil tetap mengikuti Dhyo Haw bernyanyi sambil berdansa seakan tidak pernah lelah.

Pulang sebagai penanda penonton berhati-hati saat pulang dari pertunjukan dan ditutup dengan Ada Aku Disini. "Kalian ada yang suka dengan pacar orang lain? bila itu terjadi, kalian tetap ada untuk menunggu atau pergi? dan lagu ini sepertinya cocok untuk kalian yang mengalami itu," ujar Dhyo Haw.

Akhirnya pertunjukan selesai dan Dhyo Haw kembali ke transit room yang terpisah dari panggung, dan hal tersebut dimanfaatkan penonton untuk berfoto bersama. Tanpa sungkan, Dhyo Haw menerima ajakan foto sambil berjalan meskipun hujan kembali turun. Di transit room pun satu persatu Dhyo Haw melayani penonton yang ingin sekedar berfoto.

Sebelum penampilan dari bintang tamu, terlebih dahulu ada beberapa performa dari beberapa penampil seperti Bandokar yang juga membawakan tembang reggae pilihan. Untuk siang harinya ada berbagai pertunjukan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di IAIN Purwokerto.