LAMA tidak tampil di Purwokerto, band pengusung heavy metal bernama Power Metal akhirnya obati kerinduan fans di Nicetime Cafe Purwokerto, Jumat (18/10/2019) malam. Mereka tampil maksimal dengan 9 lagu lama yang hampir semua penonton yang hadir hafal bahkan turut serta bernyanyi mengiringi setiap lirik yang dibawakan.

Power Metal yang sudah 3 kali tampi di Purwokerto selama berkarir merasa terhormat saat pertama kali mendapat tawaran tampil. Bahkan diakui oleh semua personil Power Metal, bahwa Purwokerto menjadi salah satu kota dengan fanbase penggemar Power Metal terbanyak di Indonesia.

Hal tersebut membuat Arul Efansyah sang vokalis merasa punya energi baru saat membawakan Angkara sebagai daftar lagu pertama yang dibawakan dalam Power Metal Live in Concert tersebut. "Jujur kami merasa sangat bahagia tampil di Purwokerto, saat saya lihat dari penonton membuat saya terharu karena semua hafal lagu Power Metal mulai dari yang seumuran saya hingga yang muda," kata Arul saat ditemui acarakita.web.id usai pertunjukan.

Tidak sampai disitu, Arul menambahkan bahwa dari segi performa band juga punya kualitas mumpuni. "Saya tadi sempat mendengar ada yang membawakan Iron Maiden, Deep Purple dan banyak lagi. Jadi merasa nostalgia dengan saat kami dulu masih mainkan lagu-lagu tersebut," ujarnya.

Arul juga berpesan, untuk pegiat musik di Purwokerto kalau ingin mendapatkan hasil maksimal maka harus totalitas. Karena kalau bermusiknya hanya sekedar hobi, yang didapat nantinya juga hanya sekedar hobi. "Kami semua di Power Metal fokus bermusik dan tidak hanya sebagai hobi, tapi sudah sebagai pekerjaan jadi yang kami dapatkan sekarang seperti ini. Padahal saya lihat kualitas musik di Purwokerto sangat bisa untuk bersaing dengan kota besar lain," katanya.

Lagu pertama usai dibawakan yang terlebih dahulu diawali dengan bumper dan opening. Selanjutnya lagu Serigala Malam jadi track kedua yang dibawakan Power Metal di panggung Nicetime. "Meski dengan panggung yang kecil, tapi justru semakin intim dan yang pasti membuat kami semakin punya semangat lebih dalam menampilkan semua lagu yang dibawakan," ujar Arul.

Tanpa menunggu waktu lama lagu Cita Yang Tersita, Bidadari, Sang Pendusta, dan Topeng Topeng Murka jadi daftar lagu selanjutnya. Request dari penonton membuat Arul merasa bingung mana yang akan dibawakan. "Dari pada yang sana minta Sirna dan sini minta yang lain, kami ambil jalan tengah saja," kata Arul dari atas panggung dilanjutkan dengan bawakan Memory Jingga.

Yang banyak ditunggu akhirnya dibawakan, Timut Tragedi yang langsung disambut penonton dengan headbanger sembari tetap turut serta mengiringi lirik demi lirik. Ditengah pertunjukan, masing-masing personil menunjukan skill bermusiknya.

Dilagu terakhir, Satu Jiwa dipilih yang disambungkan sedikit Selamat Jalan sebagai penutup pertunjukan. Power Metal berpesan kepada semua pegiat musik rock untuk tidak mengkotakan berdasarkan genre, karena dengan bersatu walaupun beda genre akan membuat komunitas semakin kuat dan semua personil meninggalkan tempat pertunjukan setelah melayani beberapa fans berfoto bersama.

Sebelum performa spesial dari Power Metal, panggung pertunjukan yang dikawal oleh Agung Jemblung dan Jani sebagai master of ceremony (MC) juga menampilkan local heros dengan karakter berbeda.

Dibuka oleh penampilan CMC Project dengan beberapa lagu dari Jamrud kemudian dilanjutkan Anusopati dari Banjarnegara dengan gothicnya. Lalu suara melengking sang vokalis Shotgun Blues dari Bumiayu yang saat itu bawakan rock klasik dari Deep Purple dan beberapa band lain.

Syndrome menjadi penampil kelima dengan lagu-lagu milik Iron Maiden, dan terakhir ada Destination Unknown dari Cilacap yang juga membawakan beberapa tembang hits milik Jamrud.

Dari semua penampil yang ada, terlihat dari penonton terpuaskan karena sekian tahun tidak menyaksikan pertunjukan dari Power Metal akhirnya dapat kembali menyaksikan, ditambah dengan lagu lain yang dibawakan band opening. Event selanjutnya di Nicetime Cafe dipastikan tidak kalah istimewa dengan acarakita.web.id kembali menjadi partner media exclusive yang menyajikan artikel preview dan review dari event lainnya.