Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

D’Cinnamons Sorot Kepahlawanan Seorang Ibu di Single Kartini (Perempuan Hebat)

BERSELANG tiga bulan sejak perilisan single Ma... pada 20 Desember 2023 lalu, D’Cinnamons kembali mempersembahkan karya lagu rekaman terbaru...


BERSELANG tiga bulan sejak perilisan single Ma... pada 20 Desember 2023 lalu, D’Cinnamons kembali mempersembahkan karya lagu rekaman terbaru mereka yang berjudul Kartini (Perempuan Hebat). Pemilihan momentum untuk melepas single tersebut tak terlepas dengan peringatan Hari Kartini, yang jatuh di bulan ini.

Kendati demikian, titel Kartini yang digunakan oleh trio pop akustik asal Bandung, Jawa Barat ini tidak serta merta menjadikan lagu itu berkisah tentang sang pahlawan perempuan tersebut secara gamblang. 

Kartini (Perempuan Hebat) sedikit banyak memiliki kesamaan dengan Ma..., single mereka sebelumnya. Yang menjadi pembeda adalah, kali ini vokalis/gitaris Diana 'Dodo' Widoera, gitaris Ismail 'Bona' Bonaventura dan bassis Riana 'Nana' Mayasari melantunkan perjuangan sosok ibu yang lebih universal.

 Single teranyar milik D’Cinnamons ini menjadi rilisan yang istimewa, lantaran mereka mencoba keluar dari pakem musiknya selama ini. Format pop akustik kali ini, dibuat lebih leluasa bereksplorasi. Selain itu, isian instrumen drum serta keterlibatan White Orchestra juga turut menjadi elemen yang memperkaya komposisi serta aransemennya sehingga menjadi lebih ekspresif juga dramatis. 

Lagu ini berat, gelap, bukan lagu untuk didengar di pagi dan malam hari, karena banyak teriakan. Sesuatu yang fresh, apalagi dikuatkan dengan orkestra dan minim gitar akustik. Tantangannya adalah, keberanian untuk berteriak...," kata mereka dalam keterangan tertulis yang diterima acarakita.net, Jumat (19/4/2024) petang lalu.

Karena, lanjut mereka ada rasa khawatir dan pikiranku terkadang masih terperangkap dalam ‘keinginan industri’. White Orchestra sendiri adalah entitas baru yang dibentuk oleh Asri Dewi Lestari Hardjakusumah (Achi), mantan pemain biola di grup pop SHE, asal Bandung. Ia mengaku sangat senang dan bersemangat bisa ikut dilibatkan di penggarapan lagu Kartini (Perempuan Hebat), yang ia anggap keren, majestik, tapi simpel, cantik tapi juga gagah dan to the point.


Rilisnya single Kartini (Perempuan Hebat) juga dibersamai dengan peluncuran video musik yang sarat akan nuansa dark dan dramatis. Dalam proses produksi video musik tersebut, D’Cinnamons berkolaborasi dengan Aji Aditya sebagai sutradara, yang mana sebelumnya ia juga pernah menangani video klip lagu Berlayar Lagi, single dari album Home (2021).

Selain itu, juga menggandeng rumah produksi Sinema Gerilya untuk mengeksekusi produksinya. Untuk video musik dari Kartini (Perempuan Hebat) pun telah tersedia di kanal YouTube resmi mereka.