Ditengah Ruang Gerak Yang Sempit, Tulus Lakukan Kolaborasi Untuk Single Ingkar


MUSISI tanah air, Tulus secara resmi merilis single baru bertajuk Ingkar pada Jumat (13/8/2021) tepat pukul 00.00 WIB dengan menggandeng beberapa musisi untuk berkolaborasi. Pada hari perilisan tersebut, lagu Ingkar sudah dapat dinikmati diberbagai platform digital yang ada seperti iTunes, Spotify, Deezer, dan sebagainya.

Meski dirilis saat momen pandemi dengan ruang gerak yang sempit dan sangat terbatas, namun tidak membatasi luasnya ruang berkolaborasi dalam prosea penciptaan karya baru tersebut.

Untuk proses berkarya, sepenuhnya kami coba memanfaatkan teknologi. Karena untuk saat ini kondisi yang memaksa kita beraktifitas dengan ruang gerak yang sedang sempit," kata Tulus melalui press release yang diterima acarakita.net, Jumat (13/8/2021) pagi.

Yakni Ari Renaldi selaku produser cemerlang yang telah menghasilkan multipel karya bersama Tulus yang kemudian membangun aransemen dan berkolaborasi bersama Erwin Gutawa. Menariknya, single ini akan menjadi bukti eksistensi Tulus dimana September 2021 akan menjadi tahun ke-10 perjalanan musik Tulus.

Lagu ini pula yang akan menjadi pertanda dimulainya prosea Tulus menuju karya album berikutnya menyusul 3 album penuh bertajuk Tulus, Gajah, dan Monokrom serta sebuah album live bertajuk Langsung Dari Konser Monokrom Jakarta. Sebuah marka dasawarsa perjalanan musik menunjukan bahwa karya baru akan terus dan sedang dalam proses penciptaan.


Karya ini juga dirilis bersamaan dengan video Tulus menyanyikan langsung lagu Ingkar, di depan sebuah instalasi seni. Dalam penggarapannya, Tulus berkolaborasi dengan Bandu Darmawan yang merupakan seorang perupa multimedia.

Kolaborasi ini semakin menunjukan bahwa di tengah ruang gerak yang sedang sempit, tidak terbatas untuk melakukan berbagai hal dengan hasil yang besar. Tulus berharap para pendengar selalu berkenan dengan karya yang diciptakan.


Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes