PENYANYI wanita tanah air, Rahmania Astrini atau yang akrab disapa Astri resmi merilis Shush (The Only One) pada Jumat (16/4/2021) lalu. Berbeda dengan versi sebelumnya, kali ini Astri mengajak penyanyi asal Amerika Serikat yakni Conor Matthews untuk berkolaborasi.

Dirilis melalui Warner Music Indonesia, Shush (The Only One) sudah tersedia diberbagai layanan streaming, sedangkan format videonya juga dapat dilihat melalui kanal YouTube resmi Rahmania Astrini.

Shush pertama kali dirilis Astri sebagai single, kemudian dimasukkan ke dalam EP Adolescent awal 2021 ini. Diproduseri oleh hit maker kelas dunia Toby Gad dan Robbie Nevil, versi terbaru untuk single Shush (The Only One) ditulis langsung Conor Matthews dan Riley Thomas.

Proses rekaman single ini dilakukan secara jarak jauh, Astri mengisahkan bahwa pertemuannya dengan Conor Matthews dilakukan melalui video call. Astri menyebut bahwa ada dua versi lirik Shush; yang satu explicit, yang satu lagi lebih clean.

"Aku ingat bahwa aku bilang ke Conor kalau [aslinya] lagu ini sedikit.. '18+', jadi perlu di-tone down sedikit," kata Astri.

Hasilnya adalah lirik manis yang sudah dimodifikasi Conor, Astri menyebutkan bahwa versi yang ini sangat manis dan spesial. Bagi Conor, ia memang sudah menyukai lagu-lagu Astri sebelumnya dimana sound R&B yang dipunya sangat bagus dan akhirnya semua menyatu.

"Saya adalah artis yang berbasis di AS, yang juga banyak didengar di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Sementara Astri adalah artis Indonesia yang punya banyak pendengar di AS dan Barat lainnya, which is super funny," ujar Conor.

Ia menambahkan, proses rekaman seperti ini seperti mencampurkan dua budaya dari dua artis dari dua belahan dunia. Conor bahkan mengaku senang menjadi bagian dari project tersebut, dan ia berharap para pendengar juga dapat menyukainya. Kolaborasinya bersama Conor Matthews sangat berkesan di mata Astri. Bagi Astri, Conor adalah sosok musisi yang mengagumkan.


Astri merasakan kolaborasi yang dilakukan bukan seperti kolaborasi online, karena semua prosesnya berlangsung cepat. Sementara bagi Conor, Astri itu menakjubkan dan berhara dapat bertemu suatu hari nanti karena semua ini dilakukan melalui teks dan email karena perbedaan tempat, ditambah dengan adanya pandemi.

Conor menyebutkan bahwa Astri benar-benar punya talenta luar biasa, banyak momen yang dirasakan karena diskusi yang dilakukan berkali-kali terkait apa yang diperlukan. Shush (The Only One) feat. Conor Matthews diharapkan Astri dapat disukai pendengar, karena diakuinya, ia sangat menyukai versi yang ini.