Lanjutkan Kampanye Anugerah Alam Indonesia, Sarah Saputri Rilis Single Joyful Ciwidey


MUSISI sekaligus Penulis Lagu Sarah Saputri rilis single dengan judul Joyful Ciwidey yang merupakan sekuel perjalanan Sarah dalam proyek musik tematiknya yang berjudul Anugerah Alam Indonesia. Berbeda dengan beberapa single tematik tentang Anugerah Alam Indonesia sebelumnya, dilagu ini Sarah coba menampilkan keceriaan dengan harmonikanya.

Dibuka dengan bebunyian alat serupa bel, Sarah coba langsung menghentak dengan harmonika andalannya. Pada bagian bait (verse) lagu, jejak-jejak hentakan ritmik mempertegas keceriaan nuansa pada Joyful Ciwidey. Ada pula selipan nuansa etnik dari musik Jawa Barat yang disetel seolah tipis, namun cukup memberi warna.

"Aku emang pengen banget suasana lagu ini lebih ceria. Aku membayangkan, dalam lagu ini tuh aku bermalam disana (Ciwidey), bersama teman-teman. Pokoknya di lagu ini semuanya happy aja, seru," kata Sarah terkait perilisan singlenya ini.

Proses kreatif wanita kelahiran 1990 ini bermula ketika dirinya menemukan notasi lagu ini. Sejak masih berbentuk embrio, Sarah sudah membayangkan lagu ini bakal punya nuansa yang ceria. Sesekali, ia menyelipkan suara-suara organik, mulai dari suara teman-teman, tim produksi, hingga suara sang Ibundanya.

Rumpun suara organik ini disajikan dalam bentuk percakapan. Menurutnya, selipan unsur percakapan ini seolah membangkitkan nuansa kebersamaan dan kekeluargaan pada lagu Joyful Ciwidey.

Penggarapan lagu ini sendiri melibatkan beberapa musisi pendukung, seperti Donny Manurung sebagai keyboardis sekaligus arranger dalam lagu ini. Aditto sebagai guitarist dan Sandi Lesmana sebagai bassist, sedangkan untuk proses mixing dan mastering dibantu oleh Tantan Nugraha (Garputala Studio).

Setelah rampung, lagu ini juga kemudian dibuatkan sajian visual berupa video klip yang dibantu oleh Prakoso Umam sebagai director dan editor beserta tim nya yaitu Geges dan Rehan. Senafas dengan lagunya, keceriaan juga nampak dalam video klip lagunya.

Dibuka dengan adegan Sarah yang hendak menemukan ruang sendiri, jahitan demi jahitan potret alam di Ciwidey kemudian tersaji. Di beberapa bagian video, Sarah nampak mengajak rekan-rekannya bernyanyi bersama, seolah menularkan energi positifnya.

Melalui lagu ini, musisi yang belum lama merilis kolaborasi ciamik bersama Kaka ‘Slank’  ini coba menyampaikan pesan bahwasannya menyatu dengan alam itu merupakan hal yang menyenangkan. Semua unsur yang bisa ia rasakan dan keindahan alam yang dilihatnya seolah memberikan energi yang luar biasa bagi dirinya.

"Alam itu sumber energi yang besar banget pas kita lagi ngerasa lelah. Jadi, buat aku pribadi, back to nature atau kembali ke alam itu kayak mengisi ulang daya di dalam diri kita. Sehingga kita semangat lagi, sehat lagi, dan bebas lepas sebebas-bebasnya aja," ujar Sarah.

Ia juga berharap, khususnya kepada siapapun pendengar lagu ini yang tinggal di wilayah Ciwidey, atau Kabupaten Bandung secara luas, bisa lebih mencintai anugerah alam yang ada di sana. Sebab menurutnya, keindahan alam di Ciwidey dan Kabupaten Bandung bisa membuat orang-orang yang tinggal di wilayah yang lebih sesak oleh penduduk akan merasa cemburu.

Video musik ‘Joyful Ciwidey’ dari Sarah Saputri rilis di kanal YouTube Sarah Saputri Kamis, 25 Maret 2021 jam 7 malam.
Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes