MEMASUKI bulan kedua di 2021, Astarina rilis single bertajuk Bunga Putih pada Jumat (12/2/2021) lalu di berbagai layanan musik digital. Ia selama ini dikenal sebagai bassis untuk band Circle Fox yang kini turut meramaikan industri musik tanah air dengan project solonya.

Dalam project solonya ini, Astarina membawa cukup banyak perubahan dari karya sebelumnya dengan memberikan kesan 'baru' dalam lagu sekaligus hidupnya. Melalui single Bunga Putih ini, ia mencoba membawakan lagu dengan nuansa bossanova dan istilah 'bunga putih' sendiri melambangkan kemurnian dan kesucian yang ditunjukan untuk orang yang disayangi.

Lagu yang mengusung suasana ceria dan jatuh cinta ini menggambarkan sosok seseorang yang mencintai dengan tulus dan bertumbuh dengan harapan bahwa rasa itu akan terus hadir di setiap waktu, seperti pada penggalan lirik 'Cinta, merekahlah, seperti bunga putih itu, oh bunga cinta abadi'.

"Awalnya lagu ini diciptakan Ahmad H yang kemudian saya sempurnakan lagi, dan selama proses produksi banyak dibantu oleh teman-teman," katanya.

Ia menyebutkan, ada Toto Nugroho yang berperan sebagai music producer, Feno Gunara untuk mengisi intrumen gitar, Restu Krisna mengisi intrumen bass, serta Henry Lennon sebagai music director yang tergabung dalam Abakura Rekords. Untuk proses rekaman sendiri dilakukan di Toto Music Studio selama kurang lebih sebulan lamanya.


Dari segi lirik, Bunga Putih menyematkan diksi-diksi yang tidak asing, sehingga terdengar easy listening dengan harapan semua yang mendengarkan dapat menikmati dan bersyukur setiap harinya akan rasa cinta yang dimiliki.

"Tidak melulu untuk pasangan karena cinta itu adalah bentuk linear yang bisa kita berikan kepada siapapun, yang terpenting untuk diri sendiri, orang lain, dan bahkan benda mati sekalipun. Berbahagialah akan cinta," ujar dia.

Sebelum dirilis, single ini sempat mengalami dua kali perubahan aransemen. Kini, hasil aransemen terakhir single Bunga Putih sudah dapat kita dengarkan di berbagai layanan musik digital, seperti Spotify, iTunes, Deezer, Youtube, dan lain-lain.