USAI merilis single pertama pada Oktober 2020 lalu, Mata Ketiga tancap gas dengan kembali merilis single kedua bertajuk Pancaindera pada Jumat (20/11/2020) lalu melalui kanal YouTube Mata Ketiga Musik dengan konsep video perform. Kondisi pandemi yang saat ini terjadi membuat proses perekaman audio dan pengambilan video dilakukan tiap personil dari rumah.

"Melalui single kedua ini, kami ingin mengajak manusia untuk mengapresiasi dan menghargai aspek keindraan dalam hubungan antar manusia," kata mereka melalui press release yang diterima acarakita.net, Sabtu (21/11/2020) siang.

Pancaindera yang merupakan linda indra manusia yakni indra penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa, dan peraba yang selalu tak lepas dari kehidupan manusia setiap hari, baik kepada Tuhan, sesama manusia maupun alam dan itulah yang akhirnya menjadi inspirasi bagi Mata Ketiga.

"Melalui lagu ini, kami berharap indra dan kepekaan kita sama-sama terbuka akan adanya keberagaman," ujar mereka.

Secara konsep lagu, pada single ini menghadirkan warna yang berbeda dari single sebelumnya, dengan hadirnya suasana rock, jazz, etnik serta alunan vokal gerong dan sinden sebagai pelengkap pesan secara musikal. Meski begitu, Mata Ketiga mengaku membebaskan pendengar untuk menginterpretasikan genre atau warna musiknya.


Band asal Jakarta yang beranggotakan Erik Sungkawa, Hanifa Shabrina, Hata Arysatya, Jaeko, Rayhan Syarif, Ronie Udara, dan Shadu Rasjidi ini, menyiapkan segala materi lagu-lagunya melalui rumah masing-masing personil, mengingat kondisi yang sedang terjadi saat ini.