PENYANYI cantik, Niesya dikabarkan merilis single ketiganya bertajuk Aku Melihat Indonesia yang merupakan interpretasi dari satu puisi yang ditulis oleh Ir Soekarno dengan judul yang sama. Lagu tersebut dibuat khusus untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada Agustus 2020 ini.

Pemilihan judul tersebut bukan tanpa alasan, sebab diakui Niesya tertarik dengan sosok presiden Republik Indonesia pertama ketika ia banyak membaca tentang Soekarno dari buku koleksi perpustakaan orang tuanya dan referensi sumber lain. Ia juga terlibat dalam forum diskusi daring 'Soekarno Menurut Sepuluh Pemuda Pemudi', yang digagas oleh majalah sejarah online Historia.id pada Juni 2020 lalu.

"Dalam puisinya tersebut, kita bisa melihat bagaimana Ir Soekarno sangat mencintai Indonesia lewat kalimat puitis tentang keindahan alam, keberagaman budaya serta flora dan fauna," kata Niesya.

Menurutnya, puisi tersebut memperlihatkan bagaimana rasa cinta pada bangsa yang diungkapkan dan bagaimana gelora semangat Soekarno menanamkan nasionalisme dan cinta tanah air.

Hal tersulit saat menggarap single tersebut, diakui Niesya ketika mengadaptasi karya puisi Soekarno kedalam bait lagu yang baru. Menurut dia, puisi aslinya memiliki rhyme yang tergolong panjang hingga ia sesekali berkonsultasi dengan beberapa pihak hingga keseluruhan lirik lagu selesai dibuat.

Dari sisi ekspresi musik di lagunya yang ketiga ini, Niesya mengatakan digarap dengan pendekatan folk music, dengan alasan ia melihat figur Soekarno sebagai tokoh yang sangat dicintai dan merakyat. 

Proses pengerjaan, rekaman dan mixing lagu yang ketiga ini dilakukan di Jack Studio Recording dan masteringnya dilakukan oleh Dimas Pradipta di Jakarta. Album single ketiganya ini akan dirilis dan diterbitkan Jumat (14/8/2020) lalu. Ia sangat berharap bahwa single ketiganya ini  mendapat tempat terbaik dari penikmat musik Indonesia.