UNIT indierock pendatang baru, The White Flakes dikabarkan merilis single perdananya bertajuk When The Light Goes Out pada Rabu (15/7/2020) lalu. Single yang bercerita tentang seseorang yang membuat orang disekelilingnya ketergantungan terhadap dirinya ini digarap sendiri oleh semua personil.

"Melalui lagu ini, diharapkan pendengar bisa menemukan cara untuk menyikapi hal-hal tersebut," kata The White Flakes melalui press release yang diterima acarakita.web.id, Kamis (16/7/2020) siang.

Proses penggarapan mulai dari rekaman hingga direlease memakan kurang lebih 4 bulan dimana rekaman dilakukan di Gumbreg Studio. Sedangkan konsep Artwok dikerjakan oleh Hafiz Ramadhani serta bagian fotografi dikerjakan oleh Zaka Setiaputra.


Diceritakan mengenai latar belakang terbentuknya The White Flakes tergolong unik namun biasa, yakni dengan kurang cocoknya Hafiz Ramadhani terhadap project sebelumnya yang akhirnya bertemu Zaka Setiaputra. Dari 'persekongkolan' dua orang ini yang akhirnya mengajak Ragil Panuntun dan Helmi Said untuk melengkapi semua posisi pada awal Februari 2020 lalu.

Setelah perilisan single ini, The White Flakes diproyeksikan untuk berfokus pada pembuatan video music yang dilanjutkan dengan penggarapan album yang bila sesuai rencana akan dilakukan pada 2021 mendatang.