PERJALANAN
Mari tuan kita berjalan, sungguh malam yang sangat indah dan nyaman, andai saja ini dapat ter-jadi setiap malam, ya begitulah tuan semesta selalu mempunyai kehendaknya sendiri dan itu yang menyebabkan kita sebagai manusia harus harmonis dengan semesta yang serba tak terduga ini.

Sungguh indahkan tuan kota ini?
Iya benar sekali, suasana tengah malam yang sepi membuat kota terlihat semakin ramah ditambah dengan lampu jalan yang yang bersinar menerangi sepanjang jalan yang kita lalui dengan sinarnya yang ke emasan, pohon yang rindangpun seakan melambai karena tertiup oleh angin malam yang menyegarkan.

Namun akan berbeda ketika esok hari, iya benar tuan ketika hari mulai terang kota akan menjadi semakin ramai, kendaraan yang berlalu lalang akan memperkeruh suasana, apalagi dengan para pekerja itu, ya mereka yang bekerja di perusahaan, setiap hari mereka bangun pagi dengan memaksakan diri demi mendapatkan kehidupan yang layak dimasa kini, ya lagi lagi soal uang tuan, uang memang dianggap segalanya bagi beberapa orang, bagaimana dengan anda? Begitu ya sungguh pola pikir yang sangat realistis, anda menanyakan pendapat saya?

Seharusnya tuan sudah tau dari pernyataan yang tadi saya katakan haha, iya hampir seperti itu tuan, hanya saja karena saya tidak terlalu memikirkannya membuat fakta tersebut tidak menjadi beban. Apakah anda tertarik dengan permainan catur tuan? oh ternyata tidak, saya mengira anda tertarik karena terus memandangi para orangtua itu yang sedang memainkannya, iya tuan mereka selalu bermain hingga tengah malam, saya juga terkadang ikut bermain dengan mereka, pastinya saya selalu menang, memang saya sedikit tau banyak tentang catur, saya mengidolakan beberapa pecatur dunia, seperti Bobby Fischer yang sangat hebat dengan strategi yang memukau, dan juga Mikhail Tal dengan strategi pengorbanannya yang membuat musuh geleng geleng.

Iya tuan memang seperti kehidupan, selalu ada hal yang harus dikorbankan, jangankan harta kadangpun beberapa manusia mengorbakan perasaan dan kemanusiaannya, yah bagaimana lagi tuan, sangat absurd hidup ini.

Oh iya tuan ini saya bawakan vodka martini lagi haha, saya berfikir akan terasa nikmat jika berjalan bersama tuan sambil meminumnya haha, iya saya masukan ke dalam hip flask, sangat unik bukan tampilannya, ini saya dapatkan dari seseorang yang dulu sering mampir ke bar kecil itu, namun kini ia sudah pergi ke eropa, ia mendapatkan pekerjaan yang bagus disana sebagai konsultan, sungguh sangat beruntung pria itu.

Bagaimana dengan kabar sahabat-sahabat tuan? Hebat sekali, masing masing memiliki karir yang bagus, ah saya? Saya sudah terlalu nyaman disini tuan, sudah tidak lagi berambisi seperti dulu, saya lebih senang bekerja di bar itu, ya karena saya dapat bertemu orang yang berbeda-beda dengan masalah dan keluh kesah yang berbeda pula, dari cinta, pertemanan, kehidupan, agama dan politik mungkin itu semua sudah saya dengarkan semuanya haha.

Saya memang pendengar yang baik tuan, namun juga pandai dalam bercerita, ya betul sekali tuan, agar seimbang dan menekan sifat ke egoisan saya. Lihatlah hotel dengan papan nama yang terang itu tuan, iya benar yang itu, orang orang menyebut hotel itu adalah hotel kepuasan haha, anda tidak tau artinya?

Saya tidak yakin haha, hotel itu memiliki tempat pelacuran yang terbaik di kota ini tuan haha, ya walaupun harganya memang mahal, namun banyak sekali orang orang pergi kesana, terutama para lelaki hidung belang dari kota sebrang, dan para pejabat dan pebisnis yang berlebihan uangnya, lihat saja beberapa mobil mewah yang ada disana haha, saya? Saya tidak tertarik akan hal seperti itu tuan, bukan, bukan karena saya orang yang beragama, Hanya tidak suka saja.

Bisnis pelacuran memang tidak mungkin bisa dihentikan tuan, karena selalu ada orang yang membutuhkannya, karena beberapa lelaki tidak puas dengan istrinya atau bahkan bosan, maka dari itu pelacuran adalah solusinya untuk mereka, mau bagaimana lagi, memang sudah menjadi sifat mereka.

Namun kita juga tidak dapat menyalahkan para pelacur itu, karena kondisi dan kebutuhan, mereka pun mengorbankan tubuhnya, seperti yang saya katakan tadi haha. Tidak terasa sudah sampai di taman kota, bagaimana kalau kita duduk sebentar tuan sambil menghabiskan minuman ini, benarkan anda tidak memiliki urusan lain? baiklah, sekali lagi terimakasih tuan karena sudah mau menuruti ke egoisan saya ini haha, tidak tuan saya hanya bercanda.

Bagaimana dengan tempat ini tuan?
indah bukan?

Ini adalah jasa dari si walikota itu, iya yang wajahnya ada di spanduk besar hampir di setiap sudut kota ini. Ia memang orang yang baik namun tetaplah masih ada beberapa orang yang memakinya dengan alasan karena berbeda pemikiran atau keberatan dengan keputusannya, sungguh alasan yang konyol, namun ada yang lebih tidak harmonis lagi tuan, ya itu orang yang memaki-maki orang yang mencaci maki, mereka sungguh kurang berfikir sehat, mencaci maki orang yang maki-maki dengan cara caci maki, bukankah itu suatu tindakan yang sangat tidak indah? Iya itulah pusat dari kekacauan, mereka akan terus mencaci maki satu sama lain, hingga melupakan inti dari kehidupan, yaitu kebahagian.

Saya?
Saya sebenarnya sama sekali tidak terganggu dengan keadaan seperti itu tuan, mungkin karena saya adalah orang yang aphateia, benar tuan, saya dapat mengendalikan emosi untuk berfikir sedikit jernih. Wah ternyata sudah hampir jam 3 pagi, bagaimana kalo kita sudahi dulu percakapan ini tuan? saya sudah terlalu mabuk dan tuan juga sudah menampakan wajah yang merindukan ranjang yang nyaman.

Baiklah, terimakasih tuan, sampai bertemu lain waktu, selamat malam.