RIBUAN event terselenggara setiap hari dari Sabang sampai Merauke, dari ribuan event tersebut tentu saja tidak sedikit yang kurang memperhatikan pentingnya keberlangsungan event kedepan. Event tersebut juga pasti ada yang bermanfaat dan pastinya menghibur, dan itulah yang dibutuhkan untuk memperluas pengetahuan dan relasi.

Sudah dipastikan akan banyak manfaat yang bisa didapatkan bila kita sebagai penikmat menghadiri sebuah event atau lebih sering kita sebut dengan knowladge sharing seperti seminar, talkshow, charity, meeting, training, hingga music journey.

Dari menghadiri pertunjukan tersebut pasti sempat terbayang untuk mengadakan sebuah event yang keren dan menarik dengan audience banyak. Persiapan yang matang menjadi hal yang penting dalam membuat event, dan kira-kira hal yang diperlukan sebelum mengadakan sebuah event diantaranya:

1. Pertimbangkan Speaker atau Bintang Tamu Yang Akan Diundang
Pembicara (speaker) atau bintang tamu yang akan diundang tentu saja menjadi pertimbahan pertama dalam sebuah event, karena hal tersebut berpengaruh kepada jumlah audience yang datang nantinya. Semakin kredibel, expert serta terkenal pembicara tersebut, maka semakin banyak audience yang tertarik untuk datang ke event kamu.

Jumlah pembicara (speaker) atau bintang tamu juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, agar tema event yang akan kamu buat semakin menarik dan banyak peminat yang akan datang.

2. Pilih Venue Dengan Fasilitas Yang Cukup Memadai
Pemilihan venue tentu saja tidak sembarangan memilih, apalagi dengan pembicara atau bintang tamu yang kredibel. Karena venue merupakan salah satu hal yang penting saat penyelenggaraan sebuah event. Beberapa hal perlu dipertimbangkan dalam pemilihan venue, seperti lokasinya yang strategis, fasilitas yang memadai, serta memiliki kapasitas yang cukup sesuai dengan event yang akan dibuat.

3. Booking Venue Sesuai Dengan Tanggal Event Yang Sudah Disepakati
Bintang tamu sudah ditentukan dan venue sudah dipilih, selanjutnya segera booking venue yang akan digunakan tersebut untuk event jauh sebelum hari pertunjukan. Yang paling penting juga, tanggal pelaksanaan event yang juga akan berpengaruh terhadap penonton yang akan datang dan pastikan tanggal pelaksanaan yang dibuat tidak bersamaan dengan event besar lain.

4. Lakukan Promosi Melalui Berbagai Media Sebelum Penyelenggaraan
Event yang dibuat akan berjalan dengan baik bila promosi yang dilakukan juga berjalan dengan baik. Untuk melakukan promosi yang baik tentu saja perlu melibatkan berbagai media seperti media cetak, online dan lainnya yang dapat disesuaikan dengan budget promosi.

Acarakita.web.id tentu saja menjadi salah satu media online yang kredibel untuk melakukan promosi, selain jam terbang terkait peliputan yang sudah luas juga jaringan cukup luas yang dimiliki. Yang paling penting adalah budget yang dikeluarkan untuk melakukan promosi disitu disesuaikan dengan budget yang ada dari pihak penyelenggara event.

Jadi, memaksimalkan semua media yang ada untuk berpromosi itu sangat penting dan tentu saja ajak teman sebanyak mungkin untuk melakukan promosi event yang dibuat dan berilah apresiasi terhadap teman yang melakukan promosi.

5. Pertimbangkan Harga Tiket Yang Akan Dijual
Harga tiket menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk datang ke sebuah event, karena kebanyakan penonton ingin menghadiri event sesuai dengan budget mereka. Jadi, sebagai penyelenggara event harus memperkirakan target audience yang potensial yang ingin datang ke event yang dibuat tersebut dengan mempertimbangkan harga tiket yang akan dijual.

Beberapa solusi yang bisa diambil yakni dengan menambahkan merchandise gratis disetiap pembelian tiket tertentu, atau memberlakukan tiket early bird dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan presale maupun tiket on the spot. Hal tersebut supaya menarik audience membeli tiket yang dijual.

Itu beberapa pertimbangan untuk menyelenggarakan sebuah event yang pasti ada pertimbangan lain yang dapat menjadi referensi penyelenggara.