SEKIAN lama tak merilis karya baru, group band Padi Reborn akhirnya meluncurkan sebuah single berjudul Kau Malaikatku yang merupakan rilisan perdana Padi Reborn sejak mereka memutuskan untuk bersatu kembali pada 2017 yang lalu. Kau Malaikatku  menjadi bagian dari album terbaru Padi Reborn yang juga akan dirilis dalam waktu dekat.

Single anyar dari band yang beranggotakan Yoyo, Fadly, Piyu, Ari, dan Rindra ini sengaja dirilis lebih awal ke pasar musik Indonesia sebelum album keenam Padi Reborn resmi diluncurkan. Menariknya, single ini dikemas dengan sentuhan musik yang lebih fresh dan berwarna ketimbang lagu-lagu mereka sebelumnya.

Satriyo Yudi Wahono atau Piyu mengatakan, lagu ini bercerita tentang seseorang yang mencari sosok malaikat dalam hidupnya. "Bahwa dalam mencari sesuatu, pasangan hidup atau kebahagiaan misalnya, terkadang kita tidak perlu harus jauh mencari," katanya.

Ia menambahkan, Terkadang seseorang hanya harus menyadari dan memperhatikan sekitar kita. "Mungkin saja yang kita cari selama ini sebenarnya ada di dekat kita," ujarnya.

Hal yang paling menonjol dalam single ini adalah nuansa akustik dengan balutan string. Keterlibatan Denny Chasmala sebagai co-producer membuat lagu ini terdengar renyah dan bersemangat dengan ketukan tempo yang cepat. Menariknya, lagu ini juga melibatkan Jenaka Mahila Sudiro yang tak lain adalah anak dari musisi dan aktor Tora Sudiro. Jenaka yang masih berusia 7 tahun ini terlibat mengisi vokal dalam lagu tersebut.

Tak hanya Jenaka, Tora Sudiro pun didaulat untuk turut serta bersenandung bersama pada part outro. Ide Padi Reborn menggandeng Jenaka terinspirasi dari lagu A Million Dreams yang merupakan original soundtrack film The Greatest Showman. "Ternyata Jenaka memberi warna dan karakter yang baru untuk lagu ini. Dan mungkin membuat orang bertanya-tanya ketika pertama kali mendengar Kau Malaikatku karena yang muncul pertama kali adalah suara si Jenaka," kata Piyu.

Kilas balik saat proses penciptaan lagu, sebenarnya sudah digarap pada tahun 2009 lalu sebelum Padi vakum dari belantika musik. Piyu datang dengan ide lirik awal kemudian dilanjutkan Fadly dengan membawa notasi lagu, lalu dikerjakan bersama-sama musiknya oleh semua personil.

"Lagu ini mengalami tiga kali perombakan aransemen musik, saat itu kami merasa belum pas banget. Hingga akhirnya saat kami menggarap album keenam yang akan rilis, kami garap ulang dengan konsep akustik. Akhirnya Kau Malaikatku dipilih sebagai single terbaru Padi Reborn," kata Ari.

Para personil Padi Reborn menganggap penggarapan single ini dan album terbaru yang akan dirilis, memberi tantangan tersendiri bagi mereka. Tak lain karena ini merupakan pertama kalinya mereka menggarap karya full satu album dalam aransemen akustik.

Untuk memberikan jiwa maupun ambience yang berbeda pada lagu ini, Fadly cs harus meredam emosi dalam mengeksplorasi vokal, bebunyian dari alat musik dan sound yang mereka hasilkan. Sementara Fadly harus mengerem tarikan vokalnya agar tidak terlalu terdengar emosional. "Untuk lagu ini, saya tidak lagi bernyanyi laidback tetapi on tempo. Walaupun cukup menantang, saya sangat enjoy saat proses rekamannya," katanya.

Dengan resminya Kau Malaikatku dirilis, Padi Reborn berharap lagu ini mendapat tempat tersendiri di hati para pendengar. "Kami berharapan single ini bisa diterima oleh semua kalangan," ujar Surendro Prasetyo atau Yoyo.

"Semoga Kau Malaikatku juga bisa mengobati kerinduan Sobat Padi akan karya Padi Reborn," kata Rindra.