Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Daniel Dyonisius Mengajak Varnasvara dan Sri Hanuraga Berkolaborasi di Singel Relung

USAI debutnya bertajuk Miles to Go dibawah Demajors Records, Daniel Dyonisius memprakarsai Varnasvara untuk merilis single bertajuk Relung. ...

USAI debutnya bertajuk Miles to Go dibawah Demajors Records, Daniel Dyonisius memprakarsai Varnasvara untuk merilis single bertajuk Relung. Varnasvara sendiri merupakan sebuah kolektif musik jazz rock yang mengeksplorasi interaksi antara penulisan lagu, musik elektronik, dan bahasa musik daerah di Indonesia.

Grup eksperimental tersebut didirikan dengan visi untuk membuka ruang belajar, diskusi, dan komunikasi antara komposisi musik beraliran jazz rock dengan berbagai warna musik tradisional Nusantara. Meskipun Relung masih mempertahankan elemen improvisasi jazz yang dikemas dengan nuansa indie rock, warna musik yang diramu dalam track ini menggambarkan keberangkatan yang cukup jauh dari format gitar trio di album Miles to Go, yang melibatkan dukungan dari musisi Dewa Budjana.


Relung menawarkan kebaharuan dan warna musik beragam yang lahir dari perpaduan vokal dengan instrumentasi yang kaya mulai dari gitar dan synthesizer hingga alat musik tradisional/etnik seperti kongahyan, tehyan, rebab, kendang, dan rindik.    

Dengan lirik berbahasa Indonesia, Relung membawa pengaruh dari karya-karya musisi tanah air seperti Guruh Sukarno Putra, Ebiet G. Ade, Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryoprayogo, dan Dewa Budjana.

Inspirasi di balik lagu ini berangkat dari refleksi diri serta interaksinya dengan berbagai kelompok rentan," kata Daniel Dyonisius dalam keterangan tertulisnya.

Relung, lanjut dia bercerita mengenai kedalaman dan keindahan kreativitas kelompok-kelompok ini, khususnya anak-anak neurodivergen, yang masih terkadangdisalahartikan dan distigmatisasi masyarakat. Penggarapan Relung didukung oleh berbagai musisi, termasuk Daniel Dyonisius (penulis lagu, gitar, vokal, bas, synthesizer), Ursulla Serenakartika (vokal), Seto Noviantoro (kongahyan, tehyan, rebab), AU Agus Maulana (kendang),Jambul Aditya Puma (rindik), dan Kelvin Andreas (drums).

Track ini juga menghadirkan Sri Hanuraga (electric piano, synthesizer) sebagai musisi bintang tamu, serta didukung penyanyi latar Klemensia Aubriel, Patricius Fillio, Melkior Sebastian, Pulkeria Anabel, Adelanny Sitompul, Uti Sitompul, dan Cindy Claudia Chandra.

Relung menjadi langkah pertama Varnasvara dan Daniel Dyonisius dalam menggarap sebuah albumberisikan lagu-lagu ciptaan sendiri yang akan dirilis 2024. Dengan visi kolaboratif ini, Varnasvara akan terus menjelajahi dan menggabungkan warna-warna musik untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi para pendengar.